Kebahagiaan Akan Dapat Tercapai Dengan Jalan Menghilangsirnakan Segala Perintang, Penghalang Kemajuan Nusa Dan Bangsa

 






















Visi dan Misi Kodam IV/Diponegoro

Kodam IV/Diponegoro yang solid, profesional, tangguh, berwawasan kebangsaan, mencintai dan dicintai rakyat serta sebagai benteng pertahanan Negara.

Visi

1)Kodam IV/Diponegoro yang solid bermakna bahwa segenap prajurit dan PNS TNI AD jajaran Kodam IV/Diponegoro adalah bersaudara, kompak dan bersatu yang selalu mengutamakan kebersamaan dalam setiap melaksanakan tugas. Sesama prajurit Kodam IV/Diponegoro adalah teman seperjuangan dan ikut bertanggung jawab atas perbuatannya serta berusaha menjaga kehormatannya di manapun berada.
2)Kodam IV/Diponegoro yang profesional bermakna bahwa Kodam IV/Diponegoro adalah organisasi yang diawaki oleh prajurit-prajurit yang profesional.  Profesionalisme keprajuritan Kodam IV/Diponegoro tidak diukur dengan ketrampilan dalam penguasaan taktik dan teknis kemiliteran semata, akan tetapi berdasarkan kepada ketrampilan dalam penguasaan taktik dan teknis kemiliteran yang berlandaskan pada jati diri TNI sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang dan Tentara Nasional.

3)Kodam IV/Diponegoro yang tangguh bermakna bahwa prajurit Kodam IV/Diponegoro adalah prajurit ksatria yang berbudi luhur, adil, menghargai sesama manusia, membela yang lemah, tidak sewenang-wenang, berani, pantang menyerah, ikhlas melaksanakan tugas dan selalu siap sedia berbhakti kepada bangsa dan negara.

4)Kodam IV/Diponegoro yang berwawasan kebangsaan bermakna bahwa prajurit Kodam IV/Diponegoro adalah prajurit TNI AD yang tidak berorientasi pada kesukuan, kedaerahan, agama dan golongan.

5)Kodam IV/Diponegoro yang dicintai rakyat bermakna bahwa prajurit Kodam IV/Diponegoro manunggal dengan rakyat, berjuang bersama rakyat dan untuk kepentingan rakyat, bangsa dan negaranya sehingga kehadirannya didambakan rakyat.

Misi

1)Memantapkan jiwa korsa satuan, menanamkan nilai-nilai luhur para pendahulu sesuai sesanti “Sirnaning Yakso Katon Gapuraning Ratu, Dipo Pratomo Tumbal Negoro”.
2)Meningkatkan kemampuan deteksi dan peringatan dini terhadap setiap gejolak melalui pendidikan, latihan dan penataran secara bertahap dan berlanjut.

3)Menyiapkan kemampuan operasional satuan yang professional, efektif, efisien dan modern serta memiliki kualitas dan mobilitas tinggi melalui Binsat dan Bintal.

4)Meningkatkan kemampuan aparat kewilayahan Kodam IV/Diponegoro untuk membantu tugas Binter bagi kepentingan pertahanan wilayah Jateng & DIY.

5)Meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat dalam sosialisasi fungsi dan peran Kodam IV/Diponegoro, dan memperkokoh kemanunggalan TNI-Rakyat.

6)Meningkatkan kualitas lembaga pendidikan dan latihan Rindam IV/Diponegoro.

7)Menyelenggarakan wajib militer matra darat diwilayah Jateng & DIY sesuai UU.

8)Melaksanakan tugas bantuan kemanusiaan (civic mission) di wilayah Jateng & DIY.

9)Membantu Polda jateng & DIY dalam pemulihan dan memelihara stabilitas keamanan dalam negeri.