BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Bantu Masyarakat Tertimpa Pohon
Babinsa Bantu Masyarakat Tertimpa Pohon

Babinsa Bantu Masyarakat Tertimpa Pohon

KODIM 0709/KEBUMEN, Babinsa Serka Sudarto anggota Koramil 01/Kebumen bersama beberapa masyarakat melaksanakan karya bakti perbaikan rumah warga yang tertimpa pohon tumbang Senin dini hari milik keluarga Bpk. Surip RT 02 RW 04 Dukuh Keputihan Desa Adikarso Kec. Kebumen, Senin (12/11/18). Sebagai upaya dan tindak lanjut ketanggap segeraan Babinsa bersama Babinkamtibmas, serta upaya membantu dorongan moril keluarga Bpk. Surip.

Menurut keterangan Surip (43) peristiwa berawal ketika hujan lebat yang disertai angin melanda kawasan tersebut, sementara pohon Albasia setinggi 15 meter berdiameter 170 cm tidak mampu lagi menahan tiupan angin, ditambah kondisi tanah di belakang deket dapur Bpk. Surip dalam kondisi yang labil, sehingga roboh menghantam dapur miliknya.

“Pas pohon roboh keluarga kami  sebagian sedang istirahat malam, namun masih ada yang sedang nonton televisi, lalu terdengar suara gemeretak dan tiba-tiba roboh mengantam dapur dan kamar rusak berat,” ucap Surip menjelaskan.

Dari peristiwa tersebut menurut data yang dihimpun Babinsa terdapat kerugian 2 orang mengalami luka ringan yakni Wawan Setiawan (29) luka dikepala dan kaki dan Susi Susanti (24) luka dibagian kepala belakang, tindakan Babinsa membawanya ke RSUD Sudirman untuk mendapatkan pelayanan medis. Sementara untuk kerugian material yaitu dapur dan perabotan, kamar tidur belakang dan sebagian ruang keluarga atapnya hancur dan sebagian tembok retak-retak, kerugian  ditaksir hingga Rp. 20.000.000,-

“Alhamdulillah keduanya sudah mendapatkan perawatan berupa jahitan dan kondisi sekarang sudah diperkenankan pulang ke rumah, saya bersama Babinkamtibmas dan warga setempat melanjutkan pembenahan sisa-sisa reruntuhan bangunan akibat pohon yang menimpa rumah Bpk. Surip tersebut, “ ucap Babinsa Serka Sudarto saat dikonfirmasi Pen Kodim.

Pada kesempatan tersebut Babinsa Serka Sudarto mengatakan “saya mohon kepada seluruh warga agar terus mewaspadi kondisi cuaca yang tengah memasuki musim hujan ini, terutama pohon yang masih ada disekitaran rumah alangkah baiknya dipotong saja untuk menghindari hal-hal terburuk lainnya. Jangan lupa biarpun kondisi hujan Siskamling harus tetap berjalan sebagai langkah antisipasi terhadap segala kemungkinan lainnya, saya berharap peristiwa ini cukup ini yang pertama dan terakhir, sehingga kedepan tidak terjadi lagi.“ tuturnya.