BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Bumirejo Lendah Kulon Progo Bantu Petani Mengolah Lahan
Babinsa Bumirejo Lendah Kulon Progo Bantu Petani Mengolah Lahan

Babinsa Bumirejo Lendah Kulon Progo Bantu Petani Mengolah Lahan

(Lendah, 9/8/18),   Serka Sarengat, Babinsa Bumirejo Koramil 08/Lendah, Kodim 0731/Kulon Progo, Rabu (8/8), melaksanakan pendampingan upsus dan membantu petani mengolah lahan pertanian untuk ditanami padi, di Bulak Tempel, Bumirejo, Lendah, Kulon Progo.

Serka Sarengat menuturkan bahwa pendampingan pengolahan yang dilaksanakan kali ini adalah disalah satu lahan petani, anggota Kelompok Tani “Sido Maju” yang berada di Bulak Tempel Bumirejo.  Kelompok Tani ‘Sido Maju” memiliki luas lahan empat hektar, yang saat ini diolah untuk persiapan penanaman padi.

Pengolahan lahan yang dilakukan adalah membajak sawah dengan menggunakan traktor tangan. Dengan traktor diharapkan dapat menghemat waktu, tenaga dan biaya operasional.   Setelah pembajakan lahan akan dibersihkan dari rumput dan diratakan supaya siap ditanami.  Pembajakan dengan menggunakan traktor, pekerjaan lebih cepat selesai dan hasil lebih bagus dibandingkan kalau menggunakan cangkul.   Setelah pengolahan lahan selesai, tahap berikutnya adalah pembenihan.   Selaku Babinsa, akan terus melakukan pendampingan bersama-sama dengan PPL, tambahnya.