BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Bakti TNI Untuk Pembangunan Daerah Pedesaan
Bakti TNI Untuk Pembangunan Daerah Pedesaan

Bakti TNI Untuk Pembangunan Daerah Pedesaan

GROBOGAN – Pembangunan cor rabat beton akses jalan Desa Karanglundo, Kecamatan Ngaringan, Kabupaten Grobogan gencar dilaksanakan anggota Kodim 0717/Purwodadi bersama masyarakat dalam program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa), Kamis (18/7)

Dandim 0717/Purwodadi Letkol Inf Asman Mokoginta mengatakan, dalam kegiatan TMMD Sengkuyung II tahun 2019 ini, TNI dibantu oleh seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah daerah, membangun akses cor rabat beton sepanjang 500 meter.

“Dengan adanya pembangunan Infrastruktur dilingkungan pedesaan, ketertinggalan sarana atau kebutuhan masyarakat setempat dapat terbantu. Terlebih sekarang ini pemerintah memang tengah mengedepankan program pembangunan jalan di lokasi yang sekiranya membutuhkan dan merupakan kapasitas pemerintah,” ucap Dandim.

Lebih lanjut ia mengatakan, selain pembangunan fisik dalam program ini TNI menggandeng Polri, pemerintah daerah dan instansi lain dalam berbagai penyuluhan dan pembekalan untuk membentuk pribadi masyarakat yang lebih maju serta memiliki wawasan luas. Adapun diantaranya penyuluhan yang dilakukan berkaitan dengan wawasan kebangasaan, pencegahan paham radikalisme dan gangguan kamtibmas juga diberikan kepada masyarakat. Sehingga nantinya pemahaman masyarakat jauh lebih luas, tidak mudah termakan kabar hoax yang beredar atau isu-isu sensitif lainya. Maraknya kasus narkoba juga menjadi perhatian khusus semua kalangan sehingga dilakukan sosialisasi bahaya narkoba dengan menggandeng instansi terkait.

“Sinergitas antar instansi pemerintah dan seluruh komponen lapisan masyarakat sangat dibutuhkan, karena kegiatan ini selain membantu percepatan pembangunan juga untuk mendekatkan diri terhadap masyarakat dan mengenali kondisi serta karakter di wilayah,” kata Letkol Inf Asman Mokoginta.

Sementara Kades Karanglundo Supangat, sangatlah mengapresiasi program TMMD ini. Kegiatan ini sebagai wujud pengabdian TNI bersama kementrian terkait  dan lembaga negara lainnya ini dapat sepenuhnya membantu mempercepat pembangunan di daerah pedesaan demi meningkatnya kesejahteraan masyarakat khususnya di Desa Karanglundo.

“Tentu kami sangatlah mengapresiasi, sejalan dengan program pemerintah yang mengedepankan pembangunan infrastruktur dan sarana lainnya,” terang Supangat.

Kades Karanglundo mengajak seluruh warganya untuk bekerjasama membangun desanya guna mengatasi atau meminimalisir terjadinya berbagai masalah, mulai dari tantangan dan hambatan dibidang ekonomi, teknologi dan sosial budaya. “Program ini diharapkan dapat masuk di tengah masyarakat untuk menyebarkan semangat gotong royong dan guyup rukun,” pungkas Supangat.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer