BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Bersama–sama Masuk Sawah Demi Kemajuan Petani
Bersama–sama Masuk Sawah Demi Kemajuan Petani

Bersama–sama Masuk Sawah Demi Kemajuan Petani

Anggota TNI dari Komando Distrik Militer 0715/Kendal, Jawa Tengah, turut membantu petani di Kecamatan Boja, menanam tanaman padi untuk musim tanam pertama. Kegiatan tersebut dilakukan di lahan sawah milik warga Desa Ngadibolo, Kecamatan Boja.

Menurut Danramil 13/Boja Kapten Inf M Subkhan kegiatan ini dilakukan untuk membantu pemerintah dalam bidang swasembada pangan. Salah satunya, kata dia, membantu dan mengawasi para petani secara langsung dalam proses penanaman padi. Saat ini petani mulai mempersiapkan lahan mereka untuk ditanami padi, menyusul tersedianya air yang cukup.

Para Bintara Pembina Desa (Babinsa) ditugaskan turun ke lapangan untuk membantu petani menanam padi sebagai upaya meringankan beban mereka sekaligus membantu pemerintah mencapai swasembada pangan. Apabila ditemukan lahan yang belum ditanami, kata dia, Babinsa bertugas untuk memastikan penyebabnya sehingga ketika semua lahan ditanami tentunya target swasembada pangan bisa tercapai.

Dukungan lain yang diberikan TNI dalam membantu mewujudkan swasembada pangan, yakni dengan melakukan komunikasi sosial. Hal itu, dilakukan jajaran Babinsa dari Koramil 13/Boja dengan mengadakan komunikasi dengan Kelompok Tani Maju.

Babinsa (Sertu Agus Sarjono) mengungkapkan dalam kegiatan tersebut dirinya juga menanyakan tentang kondisi pertanian di wilayah setempat serta kemungkinan kendala yang ditemui petani dalam mengolah lahan persawahan.

Berdasarkan keterangan dari petani di Desa Ngadibolo, disebutkan bahwa kendala yang dihadapi petani ketika hujan, airnya menggenani sawah.

“Mereka mengusulkan dengan disediakannya pompa penyedot air untuk mengurangi debit air apabila air telah menggenangi sawah petani,” ujarnya.

Dengan adanya jalinan tersebut, diharapkan antara TNI dan petani bisa saling membantu untuk menyelesaikan permasalahan di bidang pertanian agar bisa dicarikan jalan keluarnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer