BERITA TERBARU
Home / Persit / Cegah Kanker Serviks, Ratusan Anggota Persit Ikuti Ceramah dan Pemeriksaan IVA
Cegah Kanker Serviks, Ratusan Anggota Persit Ikuti Ceramah dan Pemeriksaan IVA

Cegah Kanker Serviks, Ratusan Anggota Persit Ikuti Ceramah dan Pemeriksaan IVA

Banyumas – Ratusan anggota Persit Kartika Chandra Kirana jajaran Korcab Rem 071 PD IV/Diponegoro, mengikuti ceramah kesehatan tentang kanker serviks dan pemeriksaan IVA di aula Wijayakusuma Rumkit Tk III 04.06.01 Wijayakusuma Purwokerto, Rabu (27/3)

Kegiatan yang digelar dalam rangka HUT Ke 73 Persit Kartika Chandra Kirana Tahun 2019 dihadiri Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah IV/Diponegoro Ny. Septi Mochamad Efendi dan Wakil Ketua Ny. Teguh Muji Angkasa beserta pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Daerah IV/Diponegoro.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kasrem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Heri Sumitro, S.Pd., Karumkit Tk III 04.06.01 Wijayakusuma Purwokerto Letkol Ckm dr Markus Wibowo SpOT. MARS., Ketua Persit Koorcab Rem 071 Ny. Anita Dani Wardhana beserta Wakil Ketua dan pengurus.

Dandenkesyah 04.04.01 Purwokerto Letkol Ckm drg. Teguh Tri Widodo, Sp.PROS.M.KES dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ceramah kanker serviks.

Lebih lanjut dijelaskan, kanker serviks merupakan pembunuh utama bagi kaum perempuan. Yang masih harus menjadi perhatian kita bersama, sampai dengan saat masih banyak ibu-ibu yang masih enggan dan malu-malu untuk melaksanakan pemeriksaan.

“Dengan pengobatan dan pemeriksaan kanker serviks yang berkelanjutan akan memberikan manfaat untuk kita bersama tentang bahaya dan penanganan kanker serviks”, terangnya.

Sementara itu, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah IV/Diponegoro Ny. Septi Mochamad Efendi menyampaikan, kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker yang paling mematikan pada wanita selain kanker payudara. Kita juga sering mendengar “Mencegah Lebih Baik Dari Pada Mengobati”, karena bila penyakit sudah diketahui sejak awal maka akan lebih cepat ditangani dan berpeluang besar untuk dapat dicegah dengan cara mengubah faktor risiko perilaku dan pola makan, imbuhnya.

Kepada seluruh hadirin, Ny. Septi mengajak ibu-ibu untuk menyimak dengan seksama penjelasan narasumber agar kita bisa menjaga diri kita, keluarga dan masyarakat sekitar kita sehingga terhindar dari penyakit yang mematikan.

“Tanyakan bila ada hal-hal yang kurang jelas, gunakan kesempatan ini semaksimal mungkin agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi kesehatan”, himbaunya.

Sedangkan Staf Medis Fungsional Dokter Spesialis Obbgyn RS Wijayakusuma Letkol Ckm dr. Puji Tri Harsono,Sp.OG selaku pemateri menjelaskan kanker leher rahim batasan adalah tumor ganas yang mengenai leher rahim, karakternya adalah tumor paling banyak, paling ganas dan tumor paling mematikan pada wanita.

Penyebabnya adalah trauma mulut rahim, antara lain kerusakan sel displasia karsinoma, infeksi mulut rahim, virus HPV tipe 16, HVA dan Trikomonas Servisitis Displasia Karsinoma. Kanker leher rahim insiden dan prevalensi yang dari masa ke masa terus mengalami peningkatan khususnya di usia 35-55 tahun.

“Mengatisipasi dengan melakukan pemeriksaan Inspeksi Visual Acid (IVA). Semua ibu-bu bisa mengikuti, kecuali ibu-ibu yang sedang haid”, pungkasnya.

Usai mengikti ceramah, ratusan istri prajurit mengikuti pemeriksaan IVA di Rumah Sakit Wijayakususma.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer