BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / FESTIVAL KARAWITAN PELAJAR SE KABUPATEN WONOGIRI DAN FESTIVAL JANGAN LOMBOK
FESTIVAL KARAWITAN PELAJAR SE KABUPATEN WONOGIRI DAN FESTIVAL JANGAN LOMBOK

FESTIVAL KARAWITAN PELAJAR SE KABUPATEN WONOGIRI DAN FESTIVAL JANGAN LOMBOK

Wonogiri, bertempat dipendopo rumah dinas Bupati Wonogiri telah dilaksanakan kegiatan Festival Karawitan Pelajar se-Kabupaten Wonogiri dan festival Jangan Lombok yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Wonogiri dalam Rangka Rangkian kegiatan memeriahkan HUT kemerdekaan RI ke-73, Selasa (7/8).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Wonogiri Edi Santosa, Setda Kabupaten Wonogiri Suharno, Dandim 0728/Wng yang sedang melaksanakan dinas diwakilkan kepada Kapten Inf Tono, Kasat Binmas Polres AKP Surono.

Laporan yang disampaikan oleh Setda Kabupaten Wonogiri Suharno Kegiatan ini dalam rangka Pembudayaan dan pelestarian nilai – nilai kemerdekaan yaitu festival karawitan dan jangan lombok. Maksud dan tujuan diselenggarakan acara ini yaitu untuk Memeriahkan HUT Ke – 73 Kemerdekaan Republik Indonesia, melestarikan seni karawitan dan masakan tradisional.

Peserta karawitan diikuti 16 kelompok/ Grup tingkat Sekolah Dasar, 20 grub Tingkat SLTP dan SLTA.  Sedangkan Festival jangan lombok diikuti 44 Peserta yang akan melombakan hasil masakan Jangan lombok dengan Penghargaan Pemenang akan mendapatkan tropi dan uang pembinaan.

Wakil Bupati Wonogiri Edi Santosa dalam sambutannya menyampaikan bahwa Rangkaian kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, kegiatan karawitan pagi ini sangat menarik. Peserta dari tingkat SD mengalmi peningkatan. Kegiatan festival ini perlu kita lestarikan untuk tahun ini peserta SLTA ada penurunan dari tahun kemarin.

Kita harus bersama-sama melestarikan seni budaya karawitan dan di pagi hari ini ada festival Jangan lombok yang merupakan kuliner asli Wonogiri yang perlu kita lestarikan. Ucapan terimakasih kepada seluruh peserta festival yang telah ikut serta dalam memeriahkn acara ini.

Dalam lomba jangan Lombok tersebut tak mau  ketinggalan 3 anggota PNS-TNI Kodim 0728/Wonogiri (putri) ibu Dewi Narbita cs 2 orang ikut didalamnya. Adapun hasil  Pemenang lomba “Jangan Lombok” sebagai berikut Juara I dengan nilai 265 diraih oleh PKK Wonogiri. Juara II dengan nilai 257 diraih oleh Kecamatan Baturetno, sedangkan Juara III dengan nilai 252 diraih oleh BNI 46 Cab Wonogiri,