BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Jalin Kebersamaan Antara Babinsa dan Petani Melalui Pendampingan
Jalin Kebersamaan Antara Babinsa dan Petani Melalui Pendampingan

Jalin Kebersamaan Antara Babinsa dan Petani Melalui Pendampingan

MAGELANG– Untuk memupuk kebersamaan dan terjalinnya hubungan yang harmonis dengan masyarakat terutama para petani di wilayah binaan, Babinsa Sewukan Koramil 15/Dukun Kodim 0705/Magelang Serda Sumarno melaksanakan pendampingan panen padi milik Suyono (60), anggota kelompok tani Ngudi Rejeki Dusun Tegal Desa Sewukan, (23/10)

Di kantornya, Komandan Koramil 15/Dukun Kapten Inf Rahayu menyampaikan bahwa kegiatan pendampingan yang dilakukan babinsa mulai dari kegiatan penyuluhan, pendampingan saat bercocok tanam sampai saat panen merupakan bentuk upaya kusus yang dilakukan anggotanya untuk meningkatkan produksi pertanian di wilayahnya. Hal tersebut dilakukan dengan pendekatan  emosional terhadap masyarakat binaannya untuk memperlancar kerjasama dengan para petani yang bertujuan mendukung program swasembada pangan yang ditargetkan pemerintah.

“Peran Babinsa menjadi sangat penting karena dengan sering turunnya babinsa ditengah masyarakat khususnya para petani, maka hasil panen padi diharapkan akan semakin meningkat” tutur Danramil.

Ditengah situsi yang sulit seperti ini, dimana musim hujan belum juga datang, dan pasokan air sawah semakin berkurang babinsa harus rajin turun ke sawah, menjalin sinergi dengan PPL dan turun langsung kelapangan sehingga mengerti kesulitan dan kebutuhan para petani. Dengan begitu babinsa dan PPL bisa mengambil langkah-langkah yang bermanfaat bagi petani. Memberikan penyuluhan dan himbauan langsung kepada para petani sehingga para petani tau apa yang harus dilakukan ditengah sulitnya air untuk pengairan sawah.

“Beberapa lahan masih bisa ditanami padi namun kebanyakan lahan sudah kering tapi masih bisa ditanami tanaman holtikultura yang relatif lebih sedikit membutuhkan air dibanding padi sehingga pemanfaatan lahan masih bisa dilakukan secara maksimal oleh petani dan program swasembada pangan pemerintah akan tercapai”, pungkasnya.

Sementara itu Sumarno selaku Babinsa Sewukan membenarkan bahwa Danramil Dukun selalu memberikan penekanan agar seluruh babinsa tidak bosan dan terus bersemangat memberikan pendampingan kepada para petani diwilayah binaannya.

“Saat ini hasil panen para petani cenderung meningkat dari musim sebelumnya, Hal tersebut tentu salah satunya karena meningkatnya kesadaran para petani dalam mengikuti penyuluhan yang diadakan oleh dinas terkait melalui petugas PPL dan babinsa di tiap-tiap desa” kata Sumarno.

Hal senada disampaikan oleh Priyanto PPL Desa Sewukan bahwa perlu sinergitas antara babinsa dan PPL untuk terus mendampingi para petani, memberikan semangat dan masukan sehingga pemanfaatan lahan bisa maksimal.

“Saat ini sudah mendekati musim penghujan diharapkan para petani mulai mempersiapkan lahan yang akan ditanami dengan memperhatikan pola tanam yang benar seperti anjuran dan penyuluhan yang sudah sering dilakukan baik oleh Babinsa maupun PPL ” katanya.