BERITA TERBARU
Home / Uncategorized / Kasdam IV Diponegoro : TNI-Polri Brebes Netral Dalam Pileg dan Pilpres 2019
Kasdam IV Diponegoro : TNI-Polri Brebes Netral Dalam Pileg dan Pilpres 2019

Kasdam IV Diponegoro : TNI-Polri Brebes Netral Dalam Pileg dan Pilpres 2019

Jelang pelaksanaan pesta demokrasi Pemilihan legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) RI 2019, Kodim,Polres dan Pemkab Brebes menggelar Apel 3 Pilar yang diikuti oleh Babinsa, Bhabinkamtibmas serta Kades (Lurah) se-Kabupaten Brebes. Selasa (25/9/2018).

Apel yang tergelar di GOR Sasana Krida Adhikarsa Brebes tersebut, dilaksanakan dalam rangka mewujudkan Pileg dan Pilpres 2019 aman, damai dan kondusif khususnya di wilayah kabupaten penghasil telur asin dan bawang merah.

Dalam arahannya, Kapolda Jateng, Irjen Pol. Drs. Condro Kirono yang bertindak sebagai pimpinan apel menyampaikan bahwa dengan melibatkan tiga pilar tersebut diharapkan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di wilayah dapat aman dan kondusif sehingga berdampak positif bagi lingkungan maupun pembangunan. Pihaknya mengapresiasi dan berharap berharap tiga pilar dapat terus meningkatkan sinergitas untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

“Ketiga pilar ini harus kompak bekerjasama dan solid guna menjaga kondusifitas wilayah, sebab ketiganya merupakan ujung tombak pemerintahan yang mempunyai peran masing–masing dalam mensukseskan pesta demokrasi rakyat Indonesia di daerah demi pembangunan maksimal periode selanjutnya,” ungkap Jenderal Polisi berbintang dua tersebut.

Hal senada juga disampaikan Kasdam IV Diponegoro, Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari yang mengatakan bahwa seluruh unsur 3 pilar harus solid dan bersatu dalam menyelesaikan masalah yang ada di desa guna membantu pemerintah daerahnya. Selain itu, pihaknya berharap profesionalisme TNI-Polri dan Kades, aktif dalam menjaga dan memelihara Kamtibmas melalui integritas masing–masing dengan menunjukan watak, karakter yang berwibawa dan menjadi suri tauladan bagi masyarakat.

“Tiga pilar harus peka dan peduli terhadap permasalahan yang ada di desa dan tiga pilar ini akan menjadi sumber pertanyaan dan pencarian solusi dalam setiap permasalahan. Semuanya harus bisa menjaga integritas masing-masing sehingga masyarakat bisa mengakui kalau 3 pilar sebagai pemimpin yang mampu memberikan solusi yang terbaik.” jelas Kasdam.

Lebih lanjut Kasdam menjelaskan bahwa pembangunan dan kesejahteraan bisa tercapai apabila keamanan bisa terjaga, apabila konflik-konflik kecil sesegera mungkin dapat diatasi oleh ketiga pilar sehingga tidak akan meluas dan berdampak pada proses pembangunan.

Terkait pelaksanaan pesta demokrasi berupa Pilpres dan Pileg 2019, Kapolda Jateng dan Kasdam menyatakan netralitas dari TNI maupun Polri. Pihaknya juga berharap kepada segenap unsur Kades agar dapat menjaga hal yang sama selama pentahapan Pemilu sampai dengan selesai, sehingga terpilih pemimpin rakyat yang terbaik.

Diketahui kegiatan diawali dengan pengucapan ikrar Apel Tiga Pilar yang ditirukan ikuti oleh  seluruh peserta dengan isi bersikap netral pada Pilpres dan Pileg 2019 sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, tidak menggunakan wewenang dan memberikan dukungan politik dan keberpihakan kepada salah satu kontestan, tidak memberikan fasilitas dinas maupun pribadi kepada paslon, tidak memakai dan memasang atribut kontestan Pemilu serta bersama-sama mempererat persatuan dan kesatuan demi menciptakan keamanan, ketertiban maupun kedamaian selama pelaksanaan pesta demokrasi tersebut.

Turut hadir dalam apel, Dirbinmas Polda Jateng Kombes Pol. Budi Utomo, Aster Kasdam IV Diponegoro Kolonel Inf. Satyo Ariyanto, jajaran Forkopimda Kabupaten Brebes, para Tokoh Agama (Toga) maupun sejumlah tamu undangan lainnya yang berjumlah ratusan orang.