BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Kemanunggalan TNI Rakyat Itu Sampai Ke Hati
Kemanunggalan TNI Rakyat Itu Sampai Ke Hati

Kemanunggalan TNI Rakyat Itu Sampai Ke Hati

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Regular ke 102 Kodim 0728/Wonogiri di Desa Sidoharjo Kecamatan Tirtomoyo Kab. Wonogiri baru dibuka secara resmi Selasa (10/7) yang lalu. Kendati demikian, hubungan kekeluargaan dan rasa persaudaraan antara TNI dan masyarakat Sidoharjo sudah begitu akrab seperti halnya saudara kandung yang lama tak bertemu.

Hal ini dikarenakan, sikap saling asih, saling asah dan saling asuh yang ditunjukkan para prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD. Berpisah dengan keluarga mereka dirumah dan tinggal di rumah-rumah warga, seakan para prajurit TNI itu menemukan keluarga baru yang dapat mengobati kerinduan kepada keluarganya. Pun demikian dengan warga masyarakat, dengan kehadiran prajurit TNI di Desanya, mereka seakan menemukan keluarga mereka yang sudah lama tidak bertemu.

Seperti apa yang dirasakan Sertu Jumadi dan Kopda Marsono misalnya, dia bersama rekan-rekannya yang tergabung dalam anggota satgas TMMD, tinggal di rumah-rumah warga dan membaur dengan mereka, serasa tinggal di kampung halaman sendiri. Warga masyarakat disini menyambut kami dengan baik dan ramah, ujarnya.

Begitu juga sebaliknya, keluarga Pak Slamet yang tinggal di Dusun Pule Rt 02/05 mengaku merasa senang dan bahagia dengan kehadiran bapak-bapak TNI di rumah saya. Sebelum mereka mulai bekerja di pagi hari, kita sarapan bareng sambil bercerita. Di sore hari hingga malampun demikian. Suasna seperti sangat kami rindukan, disini kami seakan menemukan saudara kami yang sudah lama kami nantikan, sungguh kebahagiaan yang tak terkira, ungkapnya.

Itulah sepenggal ceritera yang menggambarkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat, “Dekatnya sampai ke hati”. Jadi tak salah jikalau para petinggi TNI mengatakan bahwa “Ibu Kandung TNI Adalah Rakyat”. Maka pantaslah kiranya jika kedekatan TNI dengan Rakyat hingga sampai ke hati, bak kedekatan anak kepada ibunya sendiri.