BERITA TERBARU
Home / Reformasi Birokrasi / KOREM 072/PMK TERBAIK 3 TINGKAT ANGKATAN DARAT DALAM MENGELOLA ANGGARAN
KOREM 072/PMK TERBAIK 3 TINGKAT ANGKATAN DARAT DALAM MENGELOLA ANGGARAN

KOREM 072/PMK TERBAIK 3 TINGKAT ANGKATAN DARAT DALAM MENGELOLA ANGGARAN

Pengelolaan anggaran yang baik, benar dan akuntabel merupakan salah satu parameter terlaksananya reformasi birokrasi instansi tak terkecuali TNI AD. Staf Perencanaan dan Anggaran Angkatan Darat (Srenad) sebagai penanggung jawab pelaksanaan reformasi birokrasi jajaran TNI AD melaksanakan Rapat Evaluasi Program Kerja dan Anggaran TA 2018 yang dilaksanakan di Aula A.H. Nasution Mabesad Jln. Veteran No.5 Jakarta Pusat, Rabu (19/12).

Bersamaan kegiatan tersebut, disampaikan bahwa Satuan Kerja (Satker) Korem 072/Pmk Kodam IV/Diponegoro mendapat predikat terbaik 3 tingkat Angkatan Darat untuk kategori A pengelolaan anggaran diatas 10 M dari Kemenkeu. Predikat terbaik 1 diterima Korem 082/CPYJ Dam V/BRW, predikat terbaik 2 diterima Makodam VI/MLW.

Hal tersebut disampaikan Kasi Perencanaan Korem 072/Pmk Kolonel Inf Andiek Prasetyo Ariwibowo M.Sc., kepada Danrem 072/Pmk Brigjen TNI M. Zamroni, S.I.P. usai mengikuti rapat evaluasi Program Kerja dan Anggaran di Mabesad.

Piagam penghargaan diserahkan oleh Waasrena Kasad Brigjen TNI Heru Sudarminto, S.I.P., M.Sc.
Sebagai parameter penilaian IKPA (Indikator Kinerja Penilaian Anggaran) Dalam kegiatan ini Korem 072/Pmk menerima penghargaan karena memiliki penilaian baik dalam pengelolaan anggaran dari Kementerian Keuangan. Sebagai kriteria penilaian diantaranya efektifitas pelaksanaan kegiatan yang diambil dari nilai rata-rata indikator return SP2D, realisasi dan penyelesaian anggaran, kesesuaian rencana dan anggaran yang diambil dari nilai rata-rata indikator revisi DIPA dan deviasi Halaman III DIPA, kepatuhan atas regulasi, pengelolaan Uang Persediaan dan laporan pertanggung jawaban bendahara.

Bukan hanya sampai disitu, penilaian juga pada efisiensi pelaksanaan kegiatan dimana nilai efisiensi pelaksanaan kegiatan diambil dari nilai rata-rata indikator Perencanaan Kas dan Kesalahan Surat Perintah Membayar.

Lebih lanjut Kasiren menyampailan, kedepan Kementerian Keuangan mewacanakan akan menerapkan suatu skema reward and punishment pada Satker/Lembaga/OPD dengan kinerja paling bawah dalam pengelolaan anggaran.

Dengan predikat terbaik 3 dalam pegelolaan anggaran ini, menunjukkan bahwa Korem 072/Pmk konsisten dalam menerapkan zona integritas yang telah dicanangkan Pangdam IV/Diponegoro beberapa waktu yang lalu, sebagai “Wilayah Bebas dari Korupsi”, pungkas Kasiren.