BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Laksanakan Simulasi KTB, Mergangsan Siap Hadapi Bencana
Laksanakan Simulasi KTB, Mergangsan Siap Hadapi Bencana

Laksanakan Simulasi KTB, Mergangsan Siap Hadapi Bencana

Guna mengantisipasi terjadinya bencana alam di lingkungan masyarakat, 15 orang anggota Kodim 0734/Yogyakarta dipimpin Danramil 06/Mergangsan Mayor Inf Sutrisno mengikuti simulasi Kampung Tangguh Bencana (KTB) di Keparakan Lor, Mergangsan, Yogyakarta, Minggu (17/03/19).

Simulasi ini bertujuan melatih masyarakat agar memahami segala tindakan yang dilakukan apabila terjadi bencana alam di wilayah Mergangsan, sehingga  apabila benar-benar terjadi bencana dapat meminimalisasi kerugian nyawa maupun  materiil.

Dalam simulasi ini, diterjunkan sedikitnya 15 personil prajurit Kodim Yogya, beserta Koramil 06/Mergangsan, BPBD, Polri serta masyarakat. Dengan simulasi ini pula diharapkan sinergitas TNI-Polri dan masyarakat senantiasa terjalin baik dalam menangani suatu bencana alam.

Komandan Koramil 06/Mergangsan Mayor Inf Sutrisno menjelaskan, bahwa melalui latihan penanggulangan bencana alam seperti ini dapat dijadikan wadah menjalin persaudaraan yang lebih erat dengan komponen masyarakat. Selain itu, peran TNI- Polri dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dapat terlihat benar-benar menyatu dan bersinergi.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih kesiapsiagaan aparat dan masyarakat, meningkatkan kerja sama dan keterpaduan antar unsur dalam penanganan dan penanggulangan bencana alam yang kejadiannya tidak dapat diduga dan dampaknya tidak dapat diperhitungkan,” tambah Mayor Inf Sutrisno.

Warga sangat antusias dalam latihan ini. Semua melakukan kegiatan dengan semangat sehingga terlihat seperti kejadian sungguhan.

Simulasi yang digelar mendapat apresiasi positif dalam beragam kalangan, khususnya masyarakat. Latihan berjalan lancar dan tetap mengutamakan faktor keamanan dan pedoman langkah-langkah sesuai yang telah ditentukan. 

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer