Kebahagiaan Akan Dapat Tercapai Dengan Jalan Menghilangsirnakan Segala Perintang, Penghalang Kemajuan Nusa Dan Bangsa

 






















BERITA




Pengarahan Tim Spamad di jajaran Kodam IV/Diponegoro
Aparat Intelejen Harus Meningkatkan Kinerja




Oleh : Pendam IV/Diponegoro

29 Oktober 2012, 14:44:25 WIB - [www.kodam4.mil.id]


Tiga (3) Tim Spamad, yang diketuai oleh Kolonel Inf Tumino Hadi - Paban IV Pambragiat, memberi pengarahan kepada 95 orang personel aparat intelejen di jajaran Kodam IV/Diponegoro, bertempat di Aula Makodam – Semarang (29/10), guna memecahkan permasalahan yang semakin kompleks dan meningkat intensitasnya di wilayah Jateng dan DIY.

Dalam sambutannya Paban IV Pambragiat yang didampingi tim spamad yaitu Letkol Kav I Ketut Adi dan Kpt Inf Ketut, membacakan Amanat Asisten Pengamanan Kepala Staf Angkatan Darat Mayor Jenderal TNI Eko Wiratmoko, bahwa jajaran intelejen harus mampu bekerja lebih keras untuk dapat meningkatkan kinerja yang dapat berhasil guna dan berdaya guna, dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD, sehingga di lapangan lebih siap dan matang.

Program kerja Spamad selaku Kawasgiat sebagai fungsi intelejen dalam rangka mengetahui kegiatan intelejen di jajaran bawah, memiliki delapan (8) tujuan yang harus dicapai, yakni :
Pertama, Untuk mengetahui sasaran Binbangkuat intelejen dalam pengisian personel, pemenuhan materiil, dan piranti lunak.
Kedua, Untuk mengetahui hasil yang telah dicapai Binbang Apintel di wilayah Kodam diantaranya penyelenggaraan Suspa Intel tersebar dan Mobile Intelejen.
Ketiga, Mengetahui sejauhmana pelaksanaan intelejen yang berpedoman pada pedoman, petunjuk dan instruksi, perintah pimpinan AD yang telah dikeluarkan.
Keempat, Mengetahui mekanisme pelaksanaan penerimaan tamu LSM, pejabat di Kotama, Balakdam, Balakpus dan Balakdam TNI AD.
Kelima, Mengetahui permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan Progja dan anggaran bidang intelpam TA. 2012 dijajaran Kotama, Balakdam dan Balakpus TNI AD,
Keenam, Mengetahui arah dan hubungan anggaran tunjungan hak intel giat pengamanan, Binintelpam,  dan Bin penerangan.
Ketujuh, Memberikan saran dan asistensi teknis Bin intelpam serta pemutakhiran data personel dan materiil serta pangkalan di staf intelejen di jajaran Kotama Balakdam dan Balakpus TNI AD.
Kedelapan, Menindaklanjuti pengarahan penekanan Kasad tentang pelaksanaan werving yang masih syarat dengan KKN namun tidak dapat dibuktikan oleh aparat intelejen dan Spamad di wilayah masing-masing.

Evaluasi program kerja dan anggaran sampai dengan bulan September 2012, membahas berbagai permasalah dan masukan yang salah satunya masalah penempatkan personel intel yang tidak menduduki jabatan intel. Sehingga kedepan tidak ada lagi personel intel atau pengamanan yang tidak menduduki jabatan intel begitu juga sebaliknya personel intel yang tidak berkualifikasi intel tidak boleh menduduki jabatan intel karena sangat berpengaruh pada kualitas intelejen satuan itu sendiri.

Kunjungan Tim Spamad ke Kotama-Kotama dan Balakdam serta Balakpus TNI AD memiliki Misi yaitu, guna memberikan pencerahan, mengetahui kegiatan yang dilakukan di jajaran Kodam IV/Diponegoro, serta protap untuk pengamanan khususnya senjata api dan bahan peledak.