BERITA TERBARU
Home / Uncategorized / Pusat Koperasi Kartika Diponegoro Terus Tingkatkan Kesejahteraan Prajurit Dan PNS

Pusat Koperasi Kartika Diponegoro Terus Tingkatkan Kesejahteraan Prajurit Dan PNS

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos., M.Si., membuka acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke 49 Pusat Koperasi Kartika Diponegoro Tutup Buku Tahun 2017, yang berlangsung di Aula Makodam IV/Diponegoro (14/3/2018).

Dengan pelaksanaan RAT ini, Pangdam IV/Diponegoro berharap dijadikan sebagai media strategis untuk mengetahui sejauh mana koperasi mampu memberikan manfaat bagi anggota beserta keluarganya melalui berbagai bidang usaha yang dijalankan.

Disisi lain, Rapat Anggota ini sebagai wahana untuk mengevaluasi atas segala keberhasilan maupun kegagalan tahun lalu, merancang seluruh kebijakan ke depan yang berorientasi kepada kehidupan Koperasi Kartika Diponegoro yang lebih baik sehingga mampu memberikan efek benefit (manfaat) bagi seluruh anggota prajurit dan PNS beserta keluarganya.

Karena hal tersebut sejalan dengan RAT kali ini mengangkat tema “Dengan Semangat Wira Usaha dan Kemitraan, Kita Tingkatkan Peran Koperasi Kartika Guna Mendukung Pelayanan yang Maksimal kepada Prajurit, PNS dan Keluarga”.

Pangdam lebih lanjut menjelaskan, tema tersebut sejalan untuk mendorong mewujudkan visi Koperasi Kartika Diponegoro, yaitu untuk membantu meningkatkan kesejahteraan Prajurit dan PNS TNI AD melalui kegiatan usaha dan sosial dengan memanfaatkan dan mengembangkan setiap peluang usaha.

“Untuk mengembangkan usaha perlu dilandasi dengan prinsip kebersamaan, kekeluargaan, kemandirian dan sebagai wadah perjuangan demokrasi ekonomi yang mengutamakan kemakmuran anggota bukan kemakmuran orang seorang”, ungkap Pangdam.

Menurut Pangdam, Koperasi Kartika Diponegoro memiliki potensi pasar yang luas dan strategis bagi prajurit ataupun PNS Kodam IV/Diponegoro dan keluarganya yang cukup terbuka untuk digali dan dijadikan peluang usaha dalam berbagai bidang usaha koperasi.

Dijelaskan, bidang usaha yang dilaksanakan diantaranya usaha simpan pinjam, pertokoan dengan memasok kebutuhan hidup sehari-hari yang tentunya juga diupayakan dengan harga yang lebih bersaing tetapi mutu tetap terjaga.

“Padukan peluang-peluang yang ada dengan upaya-upaya koperasi untuk memperluas jalinan kemitraan usaha dengan badan-badan usaha lain”, jelasnya.

Hal ini mengingat dengan jalinan kemitraan usaha yang luas koperasi akan memperoleh kemudahan dalam mengelola usahanya, namun tetap berpijak pada prinsip kebersamaan, keterbukaan dan kesetaraan.
Disisi lain, upaya pembinaan terhadap Sumber Daya Manusia yang mengawaki koperasi sebagai motor penggerak, dapat terus dilakukan guna mendukung pelaksanaan tugas koperasi, sehingga tercipta inovasi baru dalam membuka peluang usaha dan merebut pangsa pasar.

Melalui peningkatan kemampuan usaha, membina kebersamaan antar Pengurus Koperasi dengan Gerakan Koperasi, Lembaga Keuangan dan Mitra Usaha lain, sehingga mampu meraih profit dan memberikan kontribusi bagi anggota sebagai perwujudan semangat kemandirian usaha koperasi dalam menyejahterakan prajurit, PNS dan keluarganya.

Diakhir penyampaian, Pangdam berharap agar para pengurus koperasi memiliki moral, etos kerja yang tinggi dan kepribadian yang baik sehingga terwujud koperasi yang kuat, sehat dan tangguh.

Hadir pada acara tersebut, Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., M.Si., Ketua Inkopad, Kepala Dinas Pelayanan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Propinsi Jawa Tengah serta Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Jawa Tengah, Irdam IV/Diponegoro, para Asisten dan Kabalak serta Komandan Satuan Jajaran Kodam IV/Diponegoro, Ketua Umum beserta Pengurus Pusat Koperasi Kartika Diponegoro, dan para Keprim jajaran Kodam IV/ Diponegoro.