BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Seekor Sapi dan 3 Ekor Kambing, Jadi Hewan Kurban Kodim 0705/Magelang
Seekor Sapi dan 3 Ekor Kambing, Jadi Hewan Kurban Kodim 0705/Magelang

Seekor Sapi dan 3 Ekor Kambing, Jadi Hewan Kurban Kodim 0705/Magelang

MAGELANG – Kodim 0705/Magelang menyembelih seekor sapi dan tiga ekor domba pada Hari Raya Idul Adha Tahun 2019 yang jatuh pada tanggal 1 Ddzulhijah 1440H. Selanjutnya hewan kurban tersebut dagingnya dibagikan kepada fakir miskin disekitar Makodim 0705/Magelang. Minggu (11/08).
Hewan qurban diserahkan oleh Dandim 0705/Magelang Letkol Arm Kukuh Dwi Antono S.I.P  kepada Pasipers Kodim Magelang Kapten Caj Budi Krismanto selaku ketua panitia qurban.
Hari Raya Idhul Adha merupakan hari besar umat Islam di seluruh dunia dimana pada hari tersebut didalamnya terdapat makna keikhlasan dan kesabaran serta ketaatan seorang hamba sebagaimana keteladanan Nabi Allah Ibrahim As saat mendapatkan perintah dari Allah untuk menyembelih putranya Ismail , yang kemudian menjadi awal suatu kegiatan penyembelihan hewan ternak (Kurban) dengan tujuan mendapatkan ridho Allah Swt.
Qurban dalam pengertian kita sehari-hari sebenarnya diambil dari kata udhhiyah yakni bentuk jama’ dari kata ”dhahiyyah” yaitu sembelihan pada waktu dhuha tanggal 10 sampai dengan 13 Dzulhijjah. Dari sinilah muncul istilah ”Idul Adha”.
Dengan demikian yang dimaksud dengan qurban atau udhhiyah adalah penyembelihan hewan dengan tujuan beribadah kepada Allah pada hari raya Idul Adha dan tiga hari Tasyriq, yaitu tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijah.
“Sebagai umat muslim kita senantiasa berusaha mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan mengerjakan perintah-Nya salah satunya dengan penyembelihan hewan ternak qurban” tutur Dandim.
Dandim menambahkan, dengan berqurban selain belajar untuk Ikhlas dan taat, secara tidak langsung kita juga membantu membahagiakan mereka para fakir miskin dengan daging qurban yang nanti dibagikan.
“Banyak fakir miskin disekitar kita yang mungkin bisa makan daging sebulan sekali atau bahkan lebih, dengan hewan Qurban yang kita berikan kita berharap bisa sedikit membantu mereka. Namun yang terpenting adalah meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita serta mengharap ridho Allah” pungkasnya.
Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer