BERITA TERBARU
Home / Prestasi dan Kreatifitas Prajurit / Semangat Tuntaskan Buta Aksara
Semangat Tuntaskan Buta Aksara

Semangat Tuntaskan Buta Aksara

Tergerak untuk meningkatkan minat baca dan memberantas buta aksara warga binaannya, Pelda Jumbadi, Babinsa Desa Jali Koramil 02/Bonang Kodim 0716/Demak, memanfaatkan ransel dinas miliknya untuk wadah buku perpustakaan keliling. Dalam seminggu, pria kelahiran Demak 11 Maret 1971 ini tiga kali keliling ke rumah-rumah warga Desa Jali, Kecamatan Bonang, yang menjadi desa binaanya.

Rumah-rumah warga yang menjadi sasaran kunjungan adalah keluarga yang terdapat penduduk buta aksara dan warga yang berminat membaca. Tidak sedikit warga yang memesan buku tertentu agar bisa dibaca. “Biasanya minta buku terkait pertanian, tips memasak dan buku agama,” ungkap Jumbadi di sela-sela menemui warga yang berkumpul di teras rumah salah seorang perangkat desa.

Pelda Jumbadi mengaku hanya memiliki koleksi sekitar 120 buku yang terdiri atas buku bacaan ilmu pengetahuan umum, buku agama, buku pelajaran, sejarah, pengobatan, soal-soal ujian dan majalah. Setiap berkeliling desa, dirinya membawa sekitar 40 buku bacaan. “Memang tidak banyak tetapi paling tidak bisa membantu warga agar gemar membaca,” lanjutnya.

Pelda Jumbadi melaksanakan aktivitasnya dengan senang, yang membuatnya tambah semangat, tidak jarang, setelah warga membaca buku, mereka meminta agar Jumbadi menjelaskannya. Ada pula yang minta dibacakan setiap materi dalam buku yang diinginkan warga.

“Kalau warga yang sudah lanjut usia, mereka biasanya minta dibacakan karena daya penglihatannya berkurang. Permintaan itu dipenuhi dengan perasaan senang, justru kalau membacakan, bisa langsung menjelaskan sehingga mereka pun dapat mencerna dan memahami isi buku,” ujar Jumbadi.

Selain buku bacaan, Pelda Jumbadi juga membawa buku tulis beserta perlengkapannya. Sebab, beberapa warga yang masih buta aksara meminta dirinya untuk melatih baca tulis. Babinsa Desa Jali ini menyampaikan salah satu motivasi dirinya keliling kampung dengan membawa tas rangsel dinas berisi buku bacaan, karena merasa prihatin dengan kondisi masyarakat yang minat bacanya rendah. “Bukan hanya orang tua tetapi juga anak-anak yang juga murid sekolah, mereka lebih suka bermain daripada membaca buku,” ucapnya.

Ditunggu Warga

Bermula dari keprihatinannya itu, Pelda Jumbadi mencoba mendekati warga, baik orang tua, pemuda hingga anak-anak sambil membawa tas ransel berisi buku. Semula mereka enggan membaca buku yang dibawa, namun dengan sering berkunjung dan menawarkan buku bacaan, warga pun mulai tertarik.

“Kalau menjelang musim tanam, dirinya membawa buku terkait buku pertanian, termasuk yang mengangkat tulisan sosok petani sukses. Demikian pula saat mendekati tes sekolah, ia membawa buku-buku berisi latihan soal sejumlah mata pelajaran,” papar Jumbadi.

Cara tersebut membuat warga tertarik, bahkan tak jarang yang memesan buku-buku tertentu. Mendapati permintaan itu, Jumbadi selalu berusaha memenuhi, namun jika buku yang diinginkan tidak ada, dia pun menyampaikan apa adanya. Oleh karena itu, dirinya berharap ada relawan yang mau memberikan bantuan buku.

Kepala Desa Jali Mustafid mengatakan sangat terbantu dengan adanya perpustakaan keliling yang didirikan Pelda Jumbadi. Menurutnya, apa yang dilakukan Babinsa tersebut dapat menggerakkan minat baca warga.

“Jujur dengan adanya perpustakaan keliling ini, saya selaku kepala desa dan pribadi sangat berterima kasih kepada bapak Babinsa, dan yang pasti kegiatan ini akan kami dukung. Kehadiran Pelda Jumbadi sangat dinanti warga. Mereka senang ada gerakan membaca,” katanya.

Sebagian besar warga mengetahui jika perpustakaan keliling dengan tas ransel berisi buku bacaan akan datang pada pukul 15.00. Sehingga, beberapa warga yang akan mendapat kunjungan selalu menyiapkan dengan mengumpulkan warga.

“Suasana lingkungan menjadi semakin hidup. Besar harapannya apa yang dilaukan Pelda Jumbadi mampu menumbuhkan minat baca masyarakat, sekaligus mengurangi angka buta aksara,” kata Mustafid

Pj Danramil 0716-02/Bonang Kapten Inf Juwedi, mengaku  masyarakat sangat antusias dengan adanya perpustakaan keliling yang diprakarsai oleh Pelda Jumbadi. Semoga bisa meningkatkan minat baca masyarakat dan menghilangkan buta aksara di wilayahnya. (GD)

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer