BERITA TERBARU
Home / Berita Utama / Sinergitas dan Solditas Tiga Pilar Ciptakan Jateng Yang Kondusif
Sinergitas dan Solditas Tiga Pilar Ciptakan Jateng Yang Kondusif

Sinergitas dan Solditas Tiga Pilar Ciptakan Jateng Yang Kondusif

Apel tiga pilar Babinsa, Babinkamtibmas dan Kepala Desa/Lurah di wilayah Jawa Tengah (Jateng), sudah berlangsung sejak bulan lalu yang dilaksanakan secara estafet/bergilirian. Pada apel tiga pilar di Kabupaten Wonogiri Selasa, (16/10/2018) dihadiri Pangdam IV/Diponegoro, Kapolda Jateng, dan Kakesbangpol Provinsi Jateng.

Dalam sambutanya, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos., M.Si. mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kesejukan dalam penyambutan dan kerja keras semua pihak (stakeholder) di Wonogiri selama ini. Sehingga kegiatan yang telah dilaksanakan selama ini dapat berjalan aman dan kondusif. Hal ini mendapat apresiasi yang sangat luar biasa dari masyarakat Indonesia.

“Jateng memang luar biasa, semua event-event berskala nasional berjalan aman dan terkendali”, ungkapnya.

Selanjutnya Pangdam menjelaskan, bahwa kehadirannya bersama Kapolda, Gubernur dan Kakesbangpol ke wilayah karena ingin merajut sinergitas dan soliditas menghadapi Pileg dan Pilpres 2019 yang akan datang.

“Mari kita sama-sama evaluasi apa yang telah kita lakukan selama ini sesuai fungsi kita masing-masing dalam rangka membina masyarakat. Sudah solid dan sinergiskah, kalau belum optimal mari kita optimalkan, sehingga kalau saat ini sudah aman dan kondusif kedepan harus lebih aman dan lebih kondusif lagi”, terang orang nomor satu di Kodam IV/Diponegoro sembari mengajak seluruh perserta yang hadir.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa kedepan tugas kita bukan makin ringan, tapi akan semakin berat, dan tugas dalam rangka pengamanan Pemilu memiliki nilai yang sangat strategis dalam melanjutkan pembangunan nasional. Isu-isu hoax di dunia maya yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa hanya akan dapat dinetralisir oleh kehadiran dan kebersamaan tiga petugas/aparat (3 pilar) yakni Babinsa, Babinkamtibmas dan Kepala Desa/Lurah yang berada di garda terdepan dan berhadapan langsung dengan masyarakat. Sehingga situasi akan benar-benar adem, ayem dan kondusif agar bangsa Indonesia menjadi negara yang hebat, maju dan sejahtera.

Sementara itu Kapolda Jateng Irjen Pol Drs. Condro Kirono, M.M., M.Hum menjelaskan bahwa soliditas tiga pilar telah mampu menciptakan situasi dan kondisi wilayah yang aman, tenteram dan damai mulai dari Desa sampai Kabupaten. Selanjutnya, kita akan selalu hadir ke Kabupaten-Kabupaten agar bisa bertemu dengan tiga pilar untuk memberikan dukungan moral sekaligus memantau situasi dan kondisi wilayah

Senada dengan Pangdam dan Kapolda, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melalui Kakesbangpol Drs. Achmad Rofai, M.Si. mengingatkan bahwa sinergitas dan soliditas juga perlu dilakuakan dalam menghadapi kebutuhan-kebutuhan di daerah maupun terhadap hakekat ancaman wilayah saat ini, seperti mitigasi bencana berbasis masyarakat dan lain sebagainya.

Apel tiga pilar juga dihadiri oleh Bupati Wonogiri, Dandim 0728/Wonogiri, Kapolres Wonogiri, Danramil se-Kodim 0728/Wonogiri, Kapolsek se-Polres Wonogiri, dan seluruh Camat se-Kabupaten Wonogiri.

Selesai kegiatan apel dilanjutkan dengan acara peresmian dan peletakan batu pertama pembangunan perumahan tiga pilar “Praja Kartika Bhayangkara” Wonogiri, yang diklaim sebagai perumahan pertama yang diperuntukkan tiga pilar yakni pegawai Pemda, Kodim dan Polres (PNS, TNI dan Polri).

Usai meghadiri apel tiga pilar di Kabupaten Wonogiri, Pangdam dan rombongan akan melanjutkan melaksanaan apel tiga pilar di Kabupaten Sukoharjo. Dan keseokan harinya akan melanjutkan apel tiga pilar di Kabupaten Karanganyar, Klaten dan Boyolali.