BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Tanamkan Jiwa Displin Siswa SLTA, Kodim Sragen Gelar Lomba PBB
Tanamkan Jiwa Displin Siswa SLTA, Kodim Sragen Gelar Lomba PBB

Tanamkan Jiwa Displin Siswa SLTA, Kodim Sragen Gelar Lomba PBB

Sragen, Sudah 2 hari lapangan depan Makodim 0725/Sragen dari pukul 07.00 hingga 15.00 WIB dipenuhi oleh ratusan pelajar berpakaian putih abu.

Mereka adalah peserta lomba PBB dari SLTA se Sragen, yang datang ke Makodim untuk megikuti lomba PBB yang digelar Kodim dalam rangka Hut RI ke-74.
Lomba digelar 2 hari yakni Selasa dan Rabu tanggal 20-21 Agustus 2019.

Lomba PBB diikuti sebanyak 46 tim dari sekolah setingkat SLTA se Kabupaten Sragen.

Tiap kelompok lomba PBB berjumlah 19 orang terdiri dari 18 orang peserta dan 1 orang sebagai pemimpin yang memberi aba aba.

Masing masing kelompok diberikan waktu 15 menit dihitung pada saat Dantim laporan. Aba aba dilaksanakan secara berurutan dalam waktu yang sudah ditentukan, apabila dalam unsur gerakan tidak dilaksanakan akan berpengaruh pada penilaian.

Unsur unsur gerakan yang harus diperagakan dibagi menjadi 3 yakni pertama, gerakan ditempat (periksa kerapian, berhitung, istirahat, penghormatan, dll), kedua, gerakan berjalan (maju jalan, ganti langkah, jalan ditempat, langkah biasa, langkah tegap, langkah perlahan dll), yang ketiga, gerakan perubahan arah (hadap kanan kiri, hadap serong kanan kiri, buka tutup barisan, haluan kanan kiri, melintang kanan kiri, tiap tiap banjar belok kanan maupun kiri).

Letkol Kav Luluk Setyanto, MPM mengatakan lomba PBB ini digelar guna menanamkan jiwa disiplin siswa dan siswi SLTA khususnya di wilayah Kabupaten Sragen.

“Bagi pemenang lomba akan diberikan apresiasi dari Kodim berupa uang pembinaan sebesar 4 jt untuk juara 1, 3 jt juara 2 dan 2 jt juara 3. Selain itu berhak mendapatkan Piala dan Piagam penghargaan”.

Dalam waktu dekat Kodim Sragen juga akan menyelenggarakan lomba musik pengamen jalanan dan lomba tari kreasi, tambah Dandim.

Setelah 46 tim peserta beradu kekompakan dalam setiap gerakan, akhirnya terpilihlah 3 tim terbaik sebagai juara. Juara 1 diraih oleh SMK N2 Sragen, juara 2 diraih oleh SMK Sakti Gemolong dan Juara 3 diraih oleh SMK N1 Sragen.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer