BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / TNI Buatkan Jamban Warga Kurang Mampu
TNI Buatkan Jamban Warga Kurang Mampu

TNI Buatkan Jamban Warga Kurang Mampu

GROBOGAN-Mempunyai jamban sendiri merupakan keinginan bagi siapapun untuk kebutuhan sanitasi, namun untuk mewujudkan hal itu tidaklah mudah bagi Sardiyono(74) warga Desa Menduran, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan yang mempunyai keterbatasan ekonomi, untuk mengatasi kesulitan masyrakat Kodim 0717/Purwodadi membagikan 10 unit jamban melalui progran Karya Bakti TNI Mandiri, Senin (5/8)

Program Karya Bakti TNI Mandiri merupakan untuk membantu pemerintah daerah dalam pembangunan diwilayah pedesaan yang belem sempat ditangani oleh pemerintah, untuk mengurangi desa yang tergolong miskin dan terisolir dari desa lain. Yang mempunyai sasarran fisik dan non fisik, untuk sasaran fisik diantaranya adalah cor jalan rabat beton 400 meter, rehab Pos Kamling, rehab Mushola dan jambanisasi.

Danramil 0717/13 Brati Kapten Inf susilo Bimo P. mengatakan, jamban merupakan bagian penting dalam perumahan, namun kadang dianggap beberapa warga tidaklah penting karena sudah ada kali maupun sawah yang dapat digunakan untuk buang air besar, padahal buang air besar sembarangan dapat mencemari lingkungan dan menimbulkan bibit penyakit.

“Pembuatan jamban ini merupakan kegiatan lanjutan yang dikerjakan angnggota Koramil setelah menyelesaikan cor jalan rabat beton, saat ini dilakukan dirumah Sardiyono(74) seorang buruh tani asal desa Menduran,”tuturnya.

“Karena keterbatasan ekonomi, kelurga ini terpaksa membuang hajad tidak pada tempatnya, ditambah lagi keterbatasan kemampuan untuk membuat jamban dan minimnya pengetahuan kesehatan lingkungan, maka kita buatkan jamban,” jelas Danramil.

Kapten Inf Susilo Bimo P. berharap, dengan adanya pembangunan jamban ini sebagian masyarakat yang kurang mampu yang mungkin selama ini buang air besar tidak pada tempatnya, sedikit demi sedikit akan merubah kebiasaan, sehingga pola hidup sehat warga setempat akan terwujud.

Sementara itu, Sardiyono mengungkapkan terima kasih atas bantuan pembuatan jamban yang dia terima “Kami  berterimakasih kepada Koramil 0717/13 Brati telah memberikan perhatianya terhadap keluarga kami,” ujarnya.

Menurutnya, bantuan yang dia terima ini sangat bermanfaat bagi keluarganya dalam untuk memenuhi kebutuhan sanitasi serta mewujudkan rumah dan lingkungan sehat, “Jamban ini akan kami manfaatkan sebaik mungkin agar lingkungan kami lebih sehat,” pungkasnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer