BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / 180 Rumah Butuh Dibedah
180 Rumah Butuh Dibedah

180 Rumah Butuh Dibedah

SEWON, Sebanyak 180 rumah dari 8.600 rumah di Desa Panggungharjo, Sewon saat ini termasuk Rumah Tidak layak Huni (RTLH) sehingga butuh dilakukan pembedahan. Sementara pemilik rumah banyak yang tergolong keluarga miskin, sehingga diperlukan peran dari pemerintah desa dan pihak terkait sangat diperlukan agar rumah tersebut bisa dibedah dan layak dihuni.

Salah satunya dilakukan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Panggungharjo,Kec Sewon yang mengalokasikan Dana Desa (DD) sebesar Rp 80 juta untuk membedah 12 rumah dengan masing-masing rumah mendapat alokasi anggaran Rp 5 juta-Rp 10 juta.

“Dana desa salah satunya diperuntukkan untuk pembangunan infrastruktur. Maka kita gelontorkan Rp 80 juta untuk program bedah rumah,” kata Lurah Desa panggungharjo, Wahyudi AH, Apt saat acara peletakan batu pertama pembangunan rumah Saryanto (47) di Dusun Pelemsewu, Desa Panggungharjo, Minggu (8/11).

Untuk tahun pertama baru 12 rumah, namun rencananya setiap tahun akan ada anggaran untuk program tersebut. Ditargetkan 180 rumah akan diselesaikan hingga tahun 2018.

“Untuk skala prioritas mana yang didahulukan adalah yang ada lansia, ada balita atau ada difabelnya,”katanya. Untuk pengerjaan sendiri menurut Lurah yang membawa Panggungharjo sebagai juara I desa berprestasi nasional 2015 tersebut, akan dilakukan oleh jajaran TNI dari Koramil Sewon dipimpin Danramil Mayor (Inf) Agus Priyadi SE. Tentu saja dengan dibantu masyarakat sekitar.

“Untuk bedah rumah ini dikerjakan oleh TNI melalui program Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGR) bersama masyarakat setempat,”katanya. Sementara Saryanto yang rumahnya berdinding gedheg dan bangunannya sudah doyong itu mengaku bahagia dengan adanya program bedah rumah tersebut.

“Alhamdulillah matur nuwun sanget awit bantuanipun. Saya bahagia sekali, rumah saya akan dibetulkan,” kata buruh serabutan tersebut. Demikian pula, Camat Kwintarto memberikan apresiasi atas diadakanya bedah rumah tersebut. “Saya berharap program ini menjadi contoh dan saya menilai ini sangat bermanfaat,”katanya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer