BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / 331 Anggota Kodim 0712/Tegal Ikut Uji Terampil Perorangan Umum
331 Anggota Kodim 0712/Tegal Ikut Uji Terampil Perorangan Umum

331 Anggota Kodim 0712/Tegal Ikut Uji Terampil Perorangan Umum

Tegal – 331 anggota Kodim 0712/Tegal mengikuti Uji Terampil Perorangan (UTP), pembukaan pelaksanaan UTP (Uji Terampil Perorangan Umum) Tingkat Kodim TA 2017 di pimpin langsung oleh Pasi Ops Kodim 0712/Tegal bertempat di Makodim 0712/Tegal, Jalan raya Pagongan, Selasa (14/02).

Dalam pengarahan Pasi Ops Kodim 0712/Tegal Kapten Inf Agus Kuntoro menjelaskan,“UTP Umum ini merupakan suatu metode untuk mengetahui tingkat kemampuan dan keterampilan prajurit dalam mengemban suatu tugas, serta menjadikan UTP Umum ini sebagai wahana untuk mengetahui tugas dan keterampilan dasar prajurit teritorial. Apapun semua materi yang diujikan ini nantinya harus benar-benar bisa dijawab dan dikuasai oleh setiap anggota, karena semua materi sudah diberikan setiap tahunnya dan merupakan syarat mutlak yang harus kita kuasai sebagai aparatur kewilayahan”, jelas Pasi Ops.

Uji terampil perorangan ini bertujuan untuk menguji kemampuan perorangan yang dimiliki oleh setiap Prajurit sesuai dengan kecakapan SJM yang dimiliki, serta didapatkannya suatu data kulitatif yang valid tentang pemahaman dan penguasaan Prajurit terhadap pengetahuan dan ketrampilan umum, sesuai tingkat kecakapan untuk kepentingan pembinaan personel dan pembinaan latihan.

Lebih lanjut Ia menekankan, kepada seluruh penyelenggara, penguji dan peserta, agar UTP Umum ini dapat dilakukan dengan serius dan sungguh-sungguh, sehingga ada manfaat dengan hasil nyata yang dapat di petiknya,” tegasnya

UTP ini merupakan program latihan yang dilaksanakan setiap tahun, namun bukan berarti bahwa latihan hanya bersifat seremonial semata. Tetapi UTP Umum ini merupakan tahap latihan untuk menguji keterampilan perorangan dari materi yang telah diperoleh dan dilatihkan pada tahap Latorsar (Latihan Perorangan Dasar), sehingga hasil yang di capai dapat digunakan sebagai acuan dan bahan evaluasi dalam pelaksanaan latihan kelompok yang harus dilaksanakan pada tahap latihan berikutnya sesuai kalender latihan satuan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan ketrampilan masing-masing Prajurit sesuai dengan tugas pokok yang dibebankan kepadanya. Selain itu, untuk meningkatkan dan memelihara kemampuan perorangan guna mencapai kemampuan standar Prajurit Kodim 0712/Tegal kepada seluruh Prajurit sesuai dengan tingkat kecakapan 1 sampai dengan tingkat kecakapan 7.

Dikatakannya, Pembinaan Teritorial sebagai salah satu fungsi utama TNI AD yang sejajar dengan fungsi pertempuran dalam rangka menempatkan Binter sebagai salah satu fungsi utama.“Maka di butuhkan adanya kompetensi dari segenap personel yang bertugas di jajaran Satkowil khususnya para Babinsa sebagai ujung tombak pelaksanaan tugas pembinaan teritorial di lapangan.

Latihan UTP Umum ini direncanakan selama 2 hari. Adapun materi yang diujikan yaitu meliputi Materi Sikap Teritorial, Lima Kemampuan Teritorial, Intel Teritorial, Pembinaan Ketahanan Wilayah, Pembinaan Perlawanan rakyat, Komunikasi Sosial, Sistem Perencanaan dan pengendalian pembinaan Teritorial”, ungkapnya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer