BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / ANGGOTA KODIM 0731/KULONPROGO LAKSANAKAN UPACARA HUT KEMERDEKAAN RI
ANGGOTA KODIM 0731/KULONPROGO LAKSANAKAN UPACARA HUT KEMERDEKAAN RI

ANGGOTA KODIM 0731/KULONPROGO LAKSANAKAN UPACARA HUT KEMERDEKAAN RI

(Wates 17/8/2016). Pagi ini tanggal 17 Agustus 2016, pukul 07.00 WIB seluruh Anggota Kodim 0731/Kulonprogo melaksanakan Upacara Peringatan ke-71 Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Makodim. 

Sebagai Inspektur Upacara Letkol Arm Gunawan, S.Sos.,M.T. Komandan Kodim 0731/Kulonprogo, Komandan Upacara Kapten Kav Isngafuan Pasiops Kodim, Perwira Upacara Kapten Inf Nurrudin Pasipers Kodim. Pasukan upacara terdiri dari Korsik, 1 Pleton Perwira dan Bati berpakaian PDU, 2 Pleton Bintara Tamtama berpakaian PDL dan 1 Pleton PNS.

Dalam Upacara HUT Kemerdekaan RI, Komandan Kodim membacakan Amanat Kepala Staf Angkatan Darat yang isinya :

1. Bahwa melalui peringatan kemerdekaan ini hendaknya kita mengenang jasa para pahlawan dan pendahulu kita yang telah mengorbankan jiwa dan raga, berjuang merebut, menegakkan serta mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Dalam momentum ini marilah kita merefleksi diri untuk melihat apa yang telah dicapai oleh Bangsa Indonesia selama 71 tahun, kenyataannya bahwa dinamika sosial yang terjadi disekitar kita menunjukkan masih banyaknya persoalan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam menuju cita-cita sebagai bangsa yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian.

3. Bahwa secara idiologi, berbagai upaya kemunculan kembali paham komunis serta radikalisme yang berbasis agama yang terjadi diwilayah tanah air, menunjukan bahwa Pancasila belum seutuhnya diterima sebagai satu-satunya ideologi bangsa. Benih-benih separatis juga masih belum sepenuhnya tercabut akarnya dari bumi pertiwi dan masih berpotensi mengancam kedaulatan NKRI.

4. Bahwa kenyataannya persatuan dan kesatuan masih rentan akibat konflik politik diberbagai tingkatan masih menjadi api dalam sekam. Kepentingan-kepentingan politik seringkali menunggangi konflik sosial yang berlatar belakang sara, sehingga menjadi lebih sulit untuk diatasi.

5. Bahwa di bidang pertahanan dan keamanan, kenyamanan hidup masyarakat masih sering dihadapkan pada tingginya kriminalitas. Narkoba adalah salah satu ancaman terbesar bagi kelangsungan hidup Bangsa Indonesia, ditambah lagi ancaman teroris yang sewaktu waktu dapat muncul.

Oleh karena itu, pada peringatan ke 71 HUT Kemerdekaan RI ini Kasad mengajak kepada semua Prajurit dan PNS Angkatan Darat untuk menjaga momentum tersebut, memegang komitmen untuk senantiasa bekerja keras dan bekerja nyata demi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. Tingkatkan sinergitas dengan komponen bangsa lainnya, yang dilandasi oleh tekad saling menghormati dan menghargai sesama aparat keamanan. Soliditas dan sinergitas TNI dengan Polri serta komponen lainnya harus menjadi tonggak dan benteng terakhir tegaknya merah putih di Bumi Indonesia. Demikian kegiatan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan di Makodim 0731/Kulonprogo dapat berjalan dengan lancar tertib dan aman. 

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer