BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Anggota Kodim 0734/Yka Jalani Tes Urine
Anggota Kodim 0734/Yka Jalani Tes Urine

Anggota Kodim 0734/Yka Jalani Tes Urine

Sebanyak 30 anggota Kodim 0734/Yogyakarta menjalani tes urine yang dilakukan Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) DIY (Senin, 8-6-15). Tes yang mendadak tersebut digelar untuk mencegah beredarnya narkoba di kalangan Tentara. Tes urine dilakukan secara acak, untuk mereka yang menjalani tes urine merupakan para anggota yang sering melakukan penugasan di malam hari. Termasuk para tentara yang masih berusia muda.

“Para anggota-anggota seperti ini yang masih sangat rawan terlibat dalam narkoba, baik sebagai pengguna maupun pengedar. Tapi syukur Alhamdulilah dari hasil tes semuanya negatif dari barang-barang psikotropika,” jelas dia mewakili Komandan Kodim (Dandim) 0734 Letkol Inf Renal A Sinaga.

Adanya sosialisasi yang dilakukan langsung oleh Ketua BNNP DIY (Kombes Pol Sutarmono), lanjut Suwarno, sangat penting dilakukan dan dibutuhkan bagi anggota TNI. Sebab, bahaya narkoba itu sudah termasuk bagian dari proxywar yang diperangi seluruh masyarakat. Apalagi saat ini dari catatannya ada 4 juta pengguna narkoba di Indonesia dan butuh 200 tahun untuk merehabilitasi mereka.

“Ketika angka pengguna itu naik tentu yang senang para sindikat. Maka dari itu bagi Babinsa juga bisa memanfaatkan materi dalam sosialisasi itu untuk disebarkan ke masyarakat. Dengan pembekalan ini kami bisa menjaga diri sendiri dan keluarga akan bahayanya narkoba,” diupayakan rutin dilakukan. Sifatnya pun lebih banyak untuk pencegahan dan tidak mencurigai. “Sifatnya selalu jaga-jaga dan waspada. Secara internal kami akan menjaga para anggota agar tidak kena narkoba. Lalu eksternalnya para Babinsa bisa mengajak masyarakat untuk memerangi narkoba”.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer