BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Anggota Koramil-06/Batuwarno Buat Pupuk Organik
Anggota Koramil-06/Batuwarno Buat Pupuk Organik

Anggota Koramil-06/Batuwarno Buat Pupuk Organik

WONOGIRI, Pelda Dedy Kurniawan Batuud beserta 2 anggota Babinsa (Sertu Sutrisno dan Serda Sulardi) Koramil-06/Batuwarno Kodim 0728/Wonogiri bersama 3 anggota PPL Kec. Batuwarno (Kikis, Rudiyanto dan Ari) membuat pupuk organik, Senin (29/08/16).

Pelaksanaan pembuatan Pupuk Organik Padat kerja sama antara TNI, PPL bersama kelompok tani “Ngudi Mulyo” yang diketuai Gijarto alamat Dusun Badran Desa Batuwarno Kec. Batuwarno Wonogiri.

Pembuatan Pupuk Organik Padat di lahan milik Gijarto, dengan bahan-bahan seperti :
1. Kotoran ternak kambing (Srintil)
2. Sekam
3. Pukuk cair Beka. Dengan volume campuran pj 2 tgi 1 m

Dari pelaksanaan kerja sama tersebut, antara TNI, PPL bersama kelompok tani “Ngudi Mulyo” yang diketuai Gijarto alamat Dusun Badran Desa Batuwarno Kec. Batuwarno Wonogiri dapat diperoleh keterangan bahwa pupuk organik merupakan pupuk yang berbahan dasar alam dan tidak menggunakan bahan kimia sintetis, pupuk organik bertujuan untuk memperbaiki struktur tanah, mengembalikan kesuburan tanah, menjaga keseimbangan ekosistem. Dengan menggunakan pupuk organik unsur hara dalam tanah akan terjaga dan dapat mudah terserap oleh tanaman sehingga kebutuhan unsur hara akan terpenuhi dengan tanah yang diperlakukan dengan cara organik. Disamping itu, pupuk organik tidak hanya untuk meningkatkan kesuburan tanah, tetapi dengan pupuk organik dapat menghindarkan dari kontaminasi kimia dan menjaga keseimbangan, serta mampu menekan biaya produksi yang sekarang ini dirasakan petani amat tinggi, terutama bila menggunakan pupuk kimia.

Oleh karena itu, dengan pendekatan dan pendampingan secara langsung kepada petani, di harapkan Babinsa bersama PPL tersebut juga mampu menjadi salah satu solusi dalam menjawab upaya meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani. Sehingga semangat petani semakin meningkat, dan sebagai penyemangat para generasi muda untuk mau bertani, karena sekarang ini sangat sedikit sekali minat para kaum muda atau generasi muda untuk bertani, demikian diutarakan Serka Nurkolis saat beri pelatihan kepada Kelompok Tani.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer