BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Anggota Koramil 14/Gumelar Turut Dalam Penanaman Pohon Dalam Rangka Konservasi Tanah dan Air

Anggota Koramil 14/Gumelar Turut Dalam Penanaman Pohon Dalam Rangka Konservasi Tanah dan Air

Gumelar – Bertempat di wilayah Perhutani Desa Paningkaban Kecamatan Gumelar, Bati Wanwil Koramil 14/Gumelar Pelda Amat Barokah  beserta 4 orang anggota, Polsek Gumelar turut dalam kegiatan penanaman pohon aren dan beringin dalam rangka konservasi tanah dan air di daerah sekitaran sumber mata air diwilayah Desa Paningkaban Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas. Minggu (01/03/2020)

Danramil 14/Gumelar Kapten Cba Budi Priyatno melalui Pelda Amat Barokah menyampaikan,  penanaman pohon ini untuk meningkatkan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya pohon bagi kehidupan.

“Disamping itu juga adanya degradasi hutan dan lahan yang disebabkan oleh pembalakan liar, perambahan hutan, pengurangan kawasan hutan (deforestasi) untuk kepentingan pembangunan lain, serta penggunaan lahan yang tidak memperhatikan kaidah-kaidah konservasi berakibat pada terjadinya bencana banjir, kekeringan dan tanah longsor maupun kontribusi nyata terhadap pemanasan global, hilangnya kesuburan tanah, punahnya keaneka ragaman hayati, hilangnya kesuburan tanah, hilangnya keaneka ragaman hayati, global warming, dan juga turunnya sumber daya air,” jelas Pelda Amat.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa penanaman pohon yang dilakukan di sepanjang aliran sungai yang ada di wilayah Desa Paningkaban sejumlah 657 pohon sebagai saluran terbuka air baku yang salah satunya mensuplai kebutuhan air baku yang digunakan oleh warga di Desa Paningkaban.

Jenis tanaman yang ditanam yaitu pohon Aren sebanyak 510 pohon, beringin 125 pohon., Bidara 10 pohon, Sakura  2 pohon dan Matoa 10 pohon.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer