BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Anggota Koramil 15/Pekuncen Bersama Warga Membangun Jembatan
Anggota Koramil 15/Pekuncen Bersama Warga Membangun Jembatan

Anggota Koramil 15/Pekuncen Bersama Warga Membangun Jembatan

Keberhasilan program ketahanan pangan sangat dipengaruhi berbagai faktor, salah satunya adalah sarana dan prasarana pertanian. Mengingat betapa penting hal tersebut, anggota Koramil 15/Pekuncen Kodim 0701/Banyumas bersama para petani dan Pramuka Kwaran Pekuncen bahu membahu mendirikan kembali jembatan gantung di atas Sungai Kawung, Desa Banjaranyar, Kecamatan Pekuncen, Minggu (1/3).

Danramil 15/Pekuncen Kapten Inf Sudjanto mengatakan bahwa Ini bagian dari ikhtiar menyukseskan program ketahanan pangan. Semua elemen bangsa dan negara harus turut serta dalam mendorong program ini sebagaimana telah menjadi komitmen pemerintah dan berbagai jajaran terkait.

Dibandingkan dengan pembangunan sarana pertanian berskala besar, pembuatan Jembatan Gantung di atas sungai ini memang terbilang kecil. Namun dari sinilah kebersamaan, kegotongroyongan dan swadaya masyarakat bersama aparat TNI tampak terlihat. Status sosial, jabatan, pekerjaan, pekerjaan yang sebelumnya mereka sandang lebur dalam kegiatan kerja bakti membangun prasarana pertanian ini.

“Mayoritas memang ini menjadi bagian dari swadaya masyarakat. Aparat TNI dan pramuka hanya memberi bantuan tenaga untuk pendirian jembatan ini. Memang kelihatannya kecil, tapi jangan dianggap kecil, karena kebersamaan dan kegotongrotongan tidak bisa dinilai harganya,” tandas Danramil.

Bagi petani, jembatan gantung yang terbuat dari rangkaian bambu itu memang terbilang penting sebagai lintasan ke sawah mereka. Pasalnya tanpa jembatan itu, mereka harus berjalan memutar-mutar jauh sebelum sampai ke sawah mereka. Karena itu, ketika jembatan gantung ini rusak dan sebagian hanyut diterjang banjir, mereka merasa kerepotan.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer