BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Anggota Koramil 20 Salaman Sedang Ikut Memanen Padi di Desa Ngadirejo Kecamatan Salaman.
Anggota Koramil 20 Salaman Sedang Ikut Memanen Padi di Desa Ngadirejo Kecamatan Salaman.

Anggota Koramil 20 Salaman Sedang Ikut Memanen Padi di Desa Ngadirejo Kecamatan Salaman.

SALAMAN – Anggota Koramil 20 Salaman Kodim 0705/Magelang, pendamping penyuluh lapangan, ketua kelompok tani dan anggota Poktan   Morodadi Dusun Diri Desa Ngadirejo Kecamatan Salaman melaksanakan panen bersama. Lahan seluas sekitar 2300 M²tersebut menghasilkan gabah kering panen 13 kwintal. Hasil panen tersebut merupakan masuk kategori hasil panen yang standar. Hal itu disebabkan oleh factor pengairan yang agak terlambat dan kebutuhan air juga sangat kurang, mengingat saat ini musim kemarau yang cukup panjang.

Kendala yang dihadapi oleh para petani saat ini  adalah masalah pengairan. Musim kemarau yang berkepanjangan, tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan oleh petani agar tanamannya bisa tumbuh dengan subur dan dengan hasil yang memuaskan. Air dari saluran irigasipun debitnya  juga sudah sangat minim, sehingga petani ada yang membuat sumur darurat ditengah-tengah lahan persawahan.

M.Daldiri (51) selaku ketua kelompok tani Morodadi mengatakan bahwa sebagian besar para petani diwilayahnya mengalami gagal panen terutama bagi petani yang tidak punya biaya untuk mengairi lahannya, bagaimana tidak pada saat fase padi mau keluar itu memerlukan air yang cukup untuk memenuhi pertumbuhannya sedangkan air yang diperlukan sangat minim. Rata- rata yang bisa panen saat ini sedikit sekali itupun haru mengeluarkan biaya tambahan, kalau dibiarkan justru tidak akan panen.

“Tapi almadulillah atas bimbingan dan arahan dari petugas pertanian dan juga para babinsa dilapangan kendala yang dihadapi oleh petani bisa terselesaikan, tapi baru beberapa saja” ungkap Daldiri.

Kami mengharap dukungan dari pemerintah untuk memberikan bantuan alat mesin pertanian yang kapasitas jumlahnya lebih banyak lagi.

Ketua pendamping penyuluh lapangan Kecamatan Salaman Sulastri (53) menuturkan memang kami sudah menampung semua permasalahan yang dihadapi oleh para petani sewilayah Salaman dan itupun sudah kami sampaikan ke Pemerintah pusat dalam hal ini ke Dinas Pertanian Kabupaten,

“Kita tunggu saja realisasinya semoga pemerintah segera memberikan bantuan alat mesin pertanian yang jumlahnya agak banyak sehingga bisa mengatasi permasalahan – permasalahan yang dihadapi oleh para petani pada saat musim kemarau yang berkepanjangan seperti saat ini, Dan swasembada pangan bisa terpenuhi dan terwujud dengan baik” pungkas Sulastri.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer