BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Anggota Pos Yakyu Turut Membangun Rumah Seorang Warga
Anggota Pos Yakyu Turut Membangun Rumah Seorang Warga

Anggota Pos Yakyu Turut Membangun Rumah Seorang Warga

Merauke–Anggota Satgas Pamtas RI PNG Yonif 407/Padmakusuma yang bertugas di Pos Yakyu bersama warga kampung bergotong-royong membangun rumah seorang warga atas nama Bapak Bernart Nggaro Maywa. Bapak Bernart adalah salah seorang dewan gereja di kampung Yakyu, distrik Sota. Setiap hari ada 6 anggota pos bersama 4 sampai 6 warga kampung mengerjakan pembangunan rumah tersebut. Ibu-ibu memasak untuk menyiapkan makan dan minumnya.

Seperti kita ketahui dusun Yakyu merupakan daerah yang masih cukup sulit untuk dijangkau dan terpisah dengan daerah lainnya. Untuk membeli bahan bangunan masyarakat dusun Yakyu memerlukan biaya yang cukup mahal untuk transportasi sehingga bahan bangunan yang dibeli hanyalah paku berbagai ukuran sesuai yang diperlukan saja, itupun sekalian menitip ke warga lain atau anggota pos Yakyu yang kebetulan belanja ke kota Merauke.

Untuk kebutuan kayu, kayu papan, dinding dan atap biasa didapat dari hutan sekitar kampung. Atap rumah yang digunakan adalah kulit kayu bus yaitu sejenis kayu yang memiliki kulit yang tebal mampu bertahan 3 sampai 4 tahun untuk atap rumah. Lantai rumah menggunakan papan kayu karena biasa rumah di kampung Yakyu adalah rumah panggung. Untuk dinding rumah bisa menggunakan papan atau bila belum ada menggunakan dinding dari pelepah dahan pohon sagu yang sudah dikeringkan. Kendati demikian masih ada juga rumah warga kampung Yakyu yang masih terbuka tanpa ada dindingnya.

Dan Pos Yakyu Lettu Inf Sukirno mengungkapkan, “Warga Yakyu adalah orang tua dan saudara-saudara kami dan bagian dari hidup kami di Yakyu, sehingga apa yang menjadi jerih payah warga, sedapat mungkin akan kami bantu.”

Yakyu adalah kampung yang bersih dan udara segar selalu bisa dinikmati di sana, dengan keindahan alam yang asri, di pagi hari suara burungpun masih indah bisa kita dengar. “Semoga kampung Yakyu segera mendapat kemajuan akses jalan yang mudah sehingga pembangunan bisa masuk di kampung,” ujar seorang anggota Satgas Pamtas.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer