BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Anggota TNI Kodim 0728/Wonogiri Tanam Pohon Buah Bersama Masyarakat
Anggota TNI Kodim 0728/Wonogiri Tanam Pohon Buah Bersama Masyarakat

Anggota TNI Kodim 0728/Wonogiri Tanam Pohon Buah Bersama Masyarakat

Warga Dusun Sukorejo Desa  Sembukan dan Dusun Kelampok Desa Tempursari Kec. Sidoharjo Kab. Wonogiri  bersama sama Kroramil Jatisrono Kodim 0728//Wonogiri, telah melaksanakan tanam pohon Pisang diwilayah Kecamatan Sidoharjo (1/1).

Kegiatan ini dilaksanakan karena masyarakat yang selama ini merasa terusik oleh hewan (Kera) yang disebabkan kurang makanan dihutan  akhirnya turun kekampung mencari makanan merusak tanaman para petani. Oleh karena itu timbul pemikiran seorang bernama Suparno dari dusun Kelampok  Desa Tempursari  Kec. Sidoharjo Wonigiri, yang memiliki pemikiran untuk mengentaskan permasalahan yang dihadapi masyarakat saat sekarang. Pemikiran tersebut disambut baik oleh masyarakat yang bekerja sama dengan TNI dan masyarakat 2 desa setempat untuk untuk berbuat dengan jalan menyediakan makanan untuk hewan kera, dengan harapan binatang tersebut  tidak lagi turun ke kampung.

Kegiatan yang dilakukan diantaranya dalam jangka pendek dengan memberikan makanan berupa biji Jagung 3 kuintal, buah pisang dan kacang tanah. Untuk jangka panjangnya dengan menanam berbagai jenis pohon pisang sejumlah 810 batang. Lokasi tanam di 3 titik, yaitu : Topo Londo, Cantek dan Tlobong.

Hadir pada kegiatan tersebut Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf Basuki Sepriadi, Dirut “Parnaraya Grup”  Suparno, Danramil 17/Sudoharjo Kapten Kav Subagyo, Sekdes/perangkat desa Desa  Sembukan, anggota TNI Kidim 0728/Wonogiri 25 orang dan warga masyarakat.

Dandim 0728//Winogiri dalam sambutannya menyampaikan, penghijauan tanam pohon pisang ini di prakarsai pengusaha sukses di Jakarta Suparno. Beliau pengusaha “Parnaraya Grup”, dan saya bangga akan kepedulian mereka yang memikirkan kampung halaman untuk mengentaskan permasalahan yang dihadapi saat ini. Dengan penghijauan dengan harapan kedepan lebih baik lagi. Saya menekankan dengan kegiatan kegiatan seperti ini yang kebetulan nyambung dengan kegiatan TNI, sejak awal saya punya komitmen untuk membantu masyarakat, dengan kerjasama ini sehingga bisa mensejahterakan masyakakat dan dapat menyentuh langsung kepada masyarakat yang ada di desa. Semua ini dikerjakan untuk mencegah hewan Kera, sehingga tidak lagi mengganggu tanaman masyarakat. Kegiatan penghijauan seperti ini telah kami laksanakan di Bukit Gendol Kec. Bulukerto, Kec. Bulukerto juga di Kec. Selogiri, kendalanya sama hama yang dihadapi yaitu serangan hewan Kera. Dengan penanaman pohon pisang setelah hidup, dengan tumbuh anakan-anakan untuk segera dipindah ditempat lain yang masih kosong sehingga cepat  berkembang dan hewan Kera yang turun menyebar kerumah penduduk dapat ditangkal melalui tanaman pisang tersebut, selain itu buahnya dapat kita manfaatkan sebagai kebutuhan sehari hari.

Bapak Suparno dalam sambutannya mengatakan, saya menggugah kepedulian masyarakat agar peduli satwa, lingkungan dengan memberikan contoh dengan tanam pohon dan kegiatan ini tidak ada tendensi politik.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer