BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Antisipasi DBD Babinsa Cawas bersama Petugas Kesehatan lakukan Penyuluhan dan Pemeriksaan Jentik – Jentik
Antisipasi DBD Babinsa Cawas bersama Petugas Kesehatan lakukan Penyuluhan dan Pemeriksaan Jentik – Jentik

Antisipasi DBD Babinsa Cawas bersama Petugas Kesehatan lakukan Penyuluhan dan Pemeriksaan Jentik – Jentik

Kodim Klaten – Antisipasi DBD Babinsa Cawas bersama Petugas Kesehatan lakukan  Penyuluhan dan Pemeriksaan Jentik – Jentik

Sebagai bentuk antisipasi berkembangbiaknya nyamuk Aedes Aegypti, penyebab penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Babinsa Koramil 20 Cawas Kodim 0723/Klaten  Sertu Murjiyo  bersama petugas Puskesmas II Cawas mengadakan kegiatan Penyuluhan dan Pemeriksaan jentik – jentik  di Desa Pogung  Kecamatan Cawas Kabupaten Kkaten. Kamis ( 17/1/2019 )

Warga di lingkungan tersebut, khususnya mereka yang tinggal di Desa Pogung sangat antusias menyambut kegiatan yang diadakan para anggota Babinsa dan Petugas Kesehatan sebab dengan demikian dapat mencegah jatuhnya korban akibat DBD.

Babinsa Desa Pogung Sertu Murjiyo turut mengajak masyarakat agar peduli terhadap lingkungan terutama kepedulian masyarakat untuk mengantisipasi penyebaran penyakit DBD yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti

Menurutnya, kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan jentik – jentik   ini merupakan salah satu cara untuk bisa antisipasi dan pencegahan terhadap  siklus penyebaran nyamuk Aedes Aegepty.

“Namun, kami juga minta agar minta agar warga peduli lingkungan. Salah satu caranya dengan menjaga kebersihan sekitar,” jelasnya.

Warga dapat berperan serta dengan langkah 3M, yakni menguras, menutup, dan mengubur barang-barang yang tidak diperlukan. Sebab, barang-barang yang tidak terpakai ini berpotensi menjadi sarang nyamuk penyebab DBD.

“Saya sangat mengapresiasi kepedulian masyarakat yang turut serta dalam kegiatan ini,” tegasnya.

“Selain dengan langkah 3M, tindakan untuk antisipasi penyebaran DBD dapat dilakukan dengan cara pemberantasan sarang nyamuk (PSN) melalui bersih-bersih lingkungan dan pemberian abate di bak air maupun tempat penampungan air,” pungkasnya.