BERITA TERBARU
Home / Berita Utama / Aster Kasad Kunjungi OJT Bintara Otsus Papua di Wilayah Kodim 0727/Karanganyar
Aster Kasad Kunjungi OJT Bintara Otsus Papua di Wilayah Kodim 0727/Karanganyar

Aster Kasad Kunjungi OJT Bintara Otsus Papua di Wilayah Kodim 0727/Karanganyar

Karanganyar – Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (Aster Kasad) Mayor Jenderal TNI Nurchahyanto, M.Sc. meninjau personel Bintara Abituren (lulusan) Pendidikan Kejuruan Bintara Otonomi Khusus (Dikjurba Otsus) TNI AD tahun 2021 asal Kodam XVIII Kasuari Papua yang sedang melaksanakan On The Job Training (OJT) di Kodim 0727/Karanganyar, Jum’at (20/08/2021).

Kodim 0727/Karanganyar adalah salah satu dari Satuan Teritorial di jajaran Kodam IV/Dipnegoro yang menjadi lokasi untuk mengaplikasikan materi pendidikan dasar yang telah ditempuh dari Rindam IV/Diponegoro. Ada 9 Bintara Otsus yang telah dijadwalkan selama 10 Minggu mulai dari tanggal 6 Agustus hingga 20 Oktober 2021. Masing-masing Ba Otsus tersebut menerima pendampingan langsung oleh Babinsa terbaik dari Koramil setempat selama berkegiata, sehingga ilmu dan pelajaran dari teori yang diaplikasikan benar-benar terarah dengan tepat.

Selain mematangkan prinsip dasar Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI pendampingan secara langsung oleh para Babinsa organik sebagai mentor dan orang tua asuh diharapkan dapat menularkan ilmu dan pengalamannya disamping juga mengajarkan ilmu teritorial dan lingkungan, cara bergaul dengan masyarakat, perangkat desa dan cara mencermati situasi keadaan, kemudian menuangkannya dalam bentuk laporan.

Adapun sasaran yang akan dicapai adalah terwujudnya pemahaman tentang wawasan kebangsaan dan bela negara, terwujudnya kepribadian yang memiliki semangat juang, rasa nasionalisme dan mencintai NKRI dan yang terakhir adalah terwujudnya pemahaman dan penguasaan dalam mengaplikasikan pengetahuan teritorial.

Sebagai informasi sebanyak 1.000 (960 Pria dan 40 wanita) Bintara Abit Dikmaba Otsus TNI AD Ta 2021 sebelumnya telah mengikuti pendidikan pertama di sejumlah Rindam di Pulau Jawa salah satunya Rindam IV/Diponegoro telah resmi ditutup dan selanjutnya akan ditugaskan sebagai Babinsa di wilayah Kodam XVIII/Kasuari Papua Barat. Sebelum mereka memasuki tugas baru, mereka akan dibekali pengetahuan baik teori maupun praktek bidang teritorial bekal sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh para peserta OJT antara lain pengumpulan data Teritorial di Desa Bululukan kec. Colomadu untuk mendukung tugas pokok Babinsa di wilayahnya, karya bhakti bersama masyarakat membuat talud dan saluran air di Desa Suruhkalang Kec. Jaten, membina kesegaran jasmani dan olahraga umum dengan para pemuda setempat, melaksanakan pembina generasi muda pelajar di MAN 2 Gondangrejo, Komunikasi sosial dengan warga setempat, pembinaan Pramuka di SMK Penda 3 Jatipuro, pembinaan UMKM pembuatan kerupuk di lingkungan Manggun, Musrenbang tingkat Desa, mengajar sekolah Dasar, penanggulangan bencana alam dan lainnya. Sebagai kegiatan tambahan yaitu patroli PPKM di wilayah Colomadu untuk mematuhi Protkes, serta pembagian Bansos Sembako untuk wara masyarakat tidak mampu serta janda di lingkungan Manggung.
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pelaksanaan tugas teritorial, serta memahami tugas-tugas dilapangan yang akan diterapkan kembali di daerah masing-masing.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Dandim 0727/Karanganyar Letkol Inf Ikhsan Agung Widyo Wibowo, S.I.P., para Perwira Staf Kodim 0727/Karanganyar, para Danramil jajaran dan Babinsa pendamping.
(Pendam IV/Diponegoro)

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer