BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Bantu Petani Lakukan Pembibitan Benih Padi
Babinsa Bantu Petani Lakukan Pembibitan Benih Padi

Babinsa Bantu Petani Lakukan Pembibitan Benih Padi

Babinsa Koramil 11/Kemranjen Kodim 0701/Banyumas Serda Syamsul Ma’ mendampingi petani di Desa binaannya yaitu Desa Sibrama menabur benih padi untuk MT II dengan benih faritas Ciherang, Senin (23/11).

Babinsa Desa Sibrama bersama petani menyebar bibit sebanyak 12,5 Kg untuk persiapan lahan 0,5 H. Tujuan Babinsa langsung terjun di lapangan bersama masyarakat penggarap sawah agar para petani segera memulai Masa Tanam II dan tidak saling menunggu karena kebiasaan yang selalu dilakukan petani setempat, untuk itu sebagai upaya percepatan penanaman pada MT II ini harus segera disiapkan lahan dan bibit agar pada umur 19/20 hari siap ditanam. Pada penjelasan kepada petani bahwa dengan didampingi Babinsa harus ada perubahan sikap dan pola pikir yang lebih maju dan harus dipraktekkan langsung dengan masyarakat. Mengingat hujan sudah mulai turun dan menghindari cuaca yang bisa berubah seperti musim kemarau bisa terjadi lebih awal sementara air dari irigasi terbatas.

Pada kesempatan lain, Kades Sibrama menyampaikan apresiasi yang tinggi serta ucapan terimakasih  kepada Koramil 11/Kemranjen terutama Babinsa yang telah mendampingi para petani dan telah memberikan contoh dan motivasi langsung di lapangan sehingga masyarakat merasa lebih dekat dan mengakui peran TNI dibidang pertanian karena bisa menjadi inspirator dan bentuk pembinaan kepada petani yang pola pikir dan SDM yang masih rendah, termasuk hasilnya dapat dilihat langsung di lapangan dengan meningkatnya hasil panen pada MT I dengan menggunakan pola tanam jajar legowo dengan sistem 2 1 dan 4 1 yang sudah diikuti banyak petani dan akan dilanjutkan pada MT II.

Pada kesempatan itu Babinsa menyampaikan rasa bangga kepada petani yang sudah bisa melaksanakan arahan dan sosialisasi yang telah dilakukan oleh Koramil bersama PPL UPT Distanak Kec. Kemranjen sehingga benar – benar telah terbukti adanya perubahan perilaku petani dalam pembibitan, sehingga harapannya dapat tercapai keinginan Pemerintah dalam rangka menuju Swasembada Pangan serta memantapkan Ketahanan Pangan dan Ketahanan Nasional sebagaimana fungsi Pembinaan Teritorial dalam membantu Pemerintah Daerah dalam Percepatan Pembangunan Nasional.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer