BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Bekali Petani Dapatkan Gabah Berkualitas
Babinsa Bekali Petani Dapatkan Gabah Berkualitas

Babinsa Bekali Petani Dapatkan Gabah Berkualitas

Swasembada Pangan.Anggota Koramil 02/Kedu Kodim 0706/Temanggung memberikan pembekalan petani guna mendapatkan gabah berkualitas di penggilingan padi Jenggot Desa Mojotengah,Kecamatan Kedu,Kabupaten Temanggung.

Sertu Wijayanto merasa prihatin melihat penggilingan padi milik surtini yang mengolah gabah secara asal asalan,bagaimana bisa dapat gabah bagus,bagaimana bisa dapat nilai jual tinggi, kalo tidak di olah secara benar dan tepat. Untuk itu Sertu Wijayanto mencoba memberi pengetauan serta contoh bagaimana mendapatkan hasil gabah yang berkualitas. Berbicara tentang perberasan tentu kita akan teringat bagaimana cara meningkatkan produksi beras untuk mencukupi kebutuhan pangan. Ada banyak faktor dalam meningkatkan produksi beras. Salah satu faktor yang mendukung kegaiatan perberasan adalah penanganan pasca panen terhadap gabah yang dihasilkan sehingga dapat meningkatkan produksi. Pengeringan adalah penanganan pasca panen yang sangat penting dan kritis. Karenanya harus ditangani secara baik dan benar. Secara umum ada 2 cara pengeringan yaitu secara tradisional dengan jalan penjemuran dan secara modern dengan menggunakan mesin pengering.Gabah dibongkar/muat dari alat angkut dan di timbang. Tujuan pengeringan adalah menurunkan kadar air gabah sampai 13-14% untuk penyimpanan jangka panjang dan 14% untuk pengeringan.Pengeringan dengan manual dilakukan dengan Penjemuran, ketebalan tumpukkan 3-6 cm dan dilakukan pada siang hari yang cerah mulai pukul 10.00-15.00 lakukan pembalikan setiap 2 jam agar gabah kering merata sampai dihasilkan kadar air 14%.

Saat cuaca dalam keadaan tidak menentu (buruk) hamparkan gabah dengan ketebalan 10 cm dalam ruangan dan dilakukan pembalikan setiap hari. Jika cuaca sudah cerah kembali lakukan segera penjemuran.Lakukan penjemuran diatas lantai jemur yang terbuat dari semen. Jika menggunakan alas penjemuran (Plastik, terpal, tikar) pastikan tanah dibawahnya tidak basah sehingga tidak terjadi kelembaban dibawahnya. Lakukan pengadukan secara rutin agar gabah kering merata dan tidak terjadi pembasahan pada tempat-tempat tertentu. Penjemuran pada gabah kalau memungkinkan tidak boleh ditunda diusahakan dalam 2 hari gabah dalam kondisi kering dan dapat diperoleh beras dalam keadaan mutu yang baik.

Surtini pemilik penggilingan merasa heran dan senang ,heran karena babinsa kok tau soal beras dan senang karena telah memahami setelah pak babinsa menjelaskan pada kami, harapan kami gabah kami jadi gabah berkualitas, terima kasih pak Babinsa atas ilmunya.”tutur Surtini”

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer