BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Beri Semangat Dan Yel-Yel Sebelum Disuntik
Babinsa Beri Semangat Dan Yel-Yel Sebelum Disuntik

Babinsa Beri Semangat Dan Yel-Yel Sebelum Disuntik

Babinsa Koramil 17 Wonosegoro Kodim 0724 Boyolali Pelda Wiyono dan Sertu M Torik  melaksanakan pendampingan kegiatan imunisasi DT (Dirferi Tetanus) dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Sekolah ( BIAS) dari Dinas Kesehatan Puskesmas Wonosegoro bertempat di SD Negeri 1 Gilirejo. Selasa (27/08).

Sebanyak 25 anak siswa-siswi dari kelas 1 diberikan suntikan imunisasi DT oleh petugas dari Puskesmas Wonosegoro. Imunisasi diberikan oleh petugas dari Puskesmas dengan didampingi oleh Babinsa dari Koramil Wonosegoro.

Sertu M Torik memberikan nasehat maupun cerita kepada siswa-siswi SD Negeri 1 Gilirejo agar tidak takut untuk disuntik, terlebih bagi siswa-siswi yang bercita-cita ingin menjadi seorang TNI. Agar para siswa lebih semangat dan menghilangkan rasa takutnya Sertu M Torik memberikan sedikit yel-yel sebelum petugas Puskesmas mulai menyuntik para siswa.

Sejak muncul kembali penyakit difteri beberapa tahun lalu, vaksin yang diberikan untuk mencegah anak-anak terjangkit penyakit tetanus serta difteri.

Menurut salah satu petugas kesehatan Ibu Atik (35) , bulan Agustus ini sasaran imunisasi, ini adalah murid-murid SD di wilayah kerja Puskesmas Wonosegoro.

“Imunisasi adalah pemberian vaksin (virus yang dilemahkan) ke dalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit tertentu. Ini diberikan mulai dari lahir sampai awal masa kanak-kanak,” terangnya

Ibu Siti juga menjelaskan bahwa selama ini Puskesmas Wonosegoro selalu berkoordinasi dengan berbagai pihak dalam menjalankan programnya. Keterlibatan Koramil dalam pemberian imunisasi sangat besar manfaatnya,  disadari atau tidak anak-anak SD itu lebih menurut pada perintah atau ajakan yang dilakukan oleh anggota TNI khususnya Babinsa.

Hal itu bisa dibuktikan dengan situasi saat pelaksanaan imunisasi, dimana kebanyakan anak – anak merasa takut bahkan banyak yang menangis bahkan berusaha kabur menghindari suntikan imunisasi. Namun dengan ajakan dan rayuan dari Babinsa, anak – anak lebih mudah dikendalikan.

“Mungkin anak-anak segan dengan TNI, sehingga mereka manut ketika dibujuk untuk diberi imunisasi” ujar Ibu Atik.

Kerja sama yang baik antara Puskesmas dengan anggota Koramil Wonosegoro dalam pelaksanaan kegiatan program kesehatan akan terus dilakukan. Hal itu dilakukan agar apa yang sudah menjadi komitmen bersama dalam usaha meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat bisa terwujud dengan baik dan tepat waktu.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer