BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Berlatih Menggunakan Alat Pertanian
Babinsa Berlatih Menggunakan Alat Pertanian

Babinsa Berlatih Menggunakan Alat Pertanian

Dalam rangka  mewujudkan Swasembada Pangan Nasional tahun 2017, Babinsa jajaran Kodim 0706/Temanggung berlatih mengopraskan peralatan pertanian seperti traktor dan Hand Spayer yag dilaksanakan di area persawahan Ds. Caruban Kec. Kandangan Kab. Temanggung (11/2).

Ditemui disela-sela kegiatan Letkol Inf Ganardyto Herry K selaku Komandan Kodim 0706/Temanggung mengatakan bahwa Babinsa harus bisa menguasai dan dapat mengoprasikan alat pertanian sehingga dalam memberikan pendampingan bagi PPL dilapangan Babinsa dapat memberikan contoh kepada masyarakat.

Guna menyukseskan program pemerintah Swasembada pangan, Kodim 0706/Temanggung menyelenggarakan kegiatan Latihan Kader Swasembada Pangan bagi Babinsa, Babinsa harus memahami teori  pengolahan lahan, Memahami teori  pengendalian Organisme pengganggu tanaman, Memahami teori  penggunaan alsintan dan perawatannya,  Mampu praktek pengelolaan pupuk organik serta pendampingan pendistribusian pupuk untuk petani, Mampu praktek pemilihan bibit unggul dan Mampu melaksanakan Pendampingan dan pengawasan perbaikan irigasi dan pemeliharaanya.

Bapak Dwi Sudaryono,SP Staf Dinas pertanian Kab. Temanggung selaku pelatih mengemukakan, pada dasarnya Babinsa sudah bisa dalam mengoprasikan alat pertanian dalam kegiatan praktek penggunaan alat pertanian ini hanya bersifat mempermahir penggunannya.

Sebagian besar Babinsa merupakan anak dari petani desa sehingga kami tidak sulit untuk memberikan materi pertanian bagi Babinsa dan kebanyakan Babinsa juga bertani karena mereka memiliki lahan pertanian sendiri sehingga alat peralatan pertanian sudah merupakan bukan barang asing lagi.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer