BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / BABINSA BERSAMA DINAS PASAR AJAK PEDAGANG PASAR UNTUK BERPERILAKU HIDUP SEHAT
BABINSA BERSAMA DINAS PASAR AJAK PEDAGANG PASAR UNTUK BERPERILAKU HIDUP SEHAT

BABINSA BERSAMA DINAS PASAR AJAK PEDAGANG PASAR UNTUK BERPERILAKU HIDUP SEHAT

Mlati Jumat 26 Agustus 2016
Pasar merupakan salah satu tempat umum dimana orang beraktivitas setiap harinya dan sangat penting dalam pemenuhan kebutuhan, terutama pasar tradisional bagi golongan masyarakat menengah kebawah. Hal ini di sampaikan Serka Suharmanto Babinsa Desa Sumberadi di sela-sela kegiatan pendampingan Pembinaan Pasar Sehat, kamis (25/8) kepada para pedagang pasar cebongan sumberadi mlati oleh Dinas pasar dan Dinas Kesehatan kabupaten di aula pasar Cebongan.

Pasar tradisional kerap dijumpai dengan pemandangan tidak nyaman dikunjungi karena identik dengan tempat yang kotor, berbau tidak sedap, becek, pengap. Namun demikian beberapa pertimbangan masyarakat yang suka berbelanja di pasar tradisional karena harganya yang relatif lebih murah dan dapat ditawar dibanding dengan pasar modern. Selain itu pasar juga dapat sebagai sarana mempererat hubungan antara pedangang dan pembeli sehingga tercipta komunikasi yang baik, Namun tidak bisa pungkiri bahwa pasar tradisional sering mempunyai kesan yang kumuh dan tempat berkembangbiaknya binatang penular penyakit.(lalat,kecoa)

Melalui Pembinaan Pasar Sehat Pemerintah telah berusaha untuk mewujudkan agar pasar tradisional menjadi pasar sehat, dan tidak lagi terkesan kotor hal ini disampaikan Babinsa. Harapan Serka Suharmanto dengan diberikannya Pembinaan Pasar Sehat Para pedagang dan pembeli tumbuh rasa kepedulian dan kesadaran untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan pasar.

Pasar Sehat juga merupakan salah satu tatanan didalam pengembangan program Kabupaten/Kota Sehat . Kondisi pasar yang bersih, aman, nyaman, dan sehat akan terwujud melalui kerjasama seluruh stake dalam menyediakan bahan pangan yang aman dan bergizi bagi masyarakat. Bebarapa tujuan penyelenggaraan Pasar Sehat adalah terwujudnya pasar yang bersih, aman, nyaman, dan sehat melalui kemandirian komunitas pasar. Komunitas pasar yang dimaksud diantaranya pengelola pasar, pemasok, pedagang dan konsumen.

Dengan adanya pasar sehat berbagai pihak dapat diuntungkan diantaranya produsen primer (petani dan nelayan), pedagang, pemerintah daerah, manajer pasar, masyarakat sekitar, masyarakat umum dan konsumen. Sanitasi, Perlaku Hidup Sehat merupakan program utama dari team pembinaan guna terwujudnya Pasar Sehat.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer