BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Bersama Petani Basmi Hama Keong
Babinsa Bersama Petani Basmi Hama Keong

Babinsa Bersama Petani Basmi Hama Keong

Sertu Hariono Babinsa Dawung Koramil 11/Jenar Kodim 0725/Sragen baru-baru ini melaksanakan pemantauan tanaman di area persawahan milik warga Desa Dawung.

Hama tanaman padi merupakan kendala bagi petani untuk bisa meningkatkan produksi usaha taninya. Bahkan serangan hama tertentu seperti tikus, wereng, keong dan orong-orong bisa mengakibatkan puso atau gagal panen. Seperti halnya dengan yang dialami oleh tanaman padi warga Desa Dawung, tanaman padi milik warga Desa Dawung yang berusia 35 hari diserang hama keong dan orong-orong.

Dalam kesempatan itu Sertu Hariono selaku Babinsa Dawung yang bertugas sebagai mitra petani memberikan masukan diantaranya mengajak para petani untuk selalu memonitoring lahan sawah minimal 1minggu sekali bahkan kalau bisa 2 kali dalam seminggu. Hal ini bertujuan agar kita bisa sedini mungkin mengetahui gejala serangan hama dan sedini mungkin mengambil tindakan pencegahan atau pengendalian sehingga petani tidak mengalami gagal panen.

Sertu Hariono berharap dan sekaligus mengajak para petani untuk secara bijak mengendalikan  serangan hama tanaman padi. Karena kalau kita sembarangan dalam mengendalikan hama terutama dalam penggunaan insektisida justru kita sendiri yang akan dirugikan. Banyak kasus serangan hama secara tiba-tiba  yang telah menggagalkan panen seperti contohnya serangan hama wereng pada tahun lalu. Sekarang ini sudah banyak hama yang sudah tidak mempan lagi disemprot dengan insektisida yang murah, akhirnya para petanilah yang terkena dampak negatifnya, selain memerlukan biaya usaha tani yang lebih besar juga produktivitas padi menjadi turun.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer