BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Bulusulur Menerima Tim Verivikasi Duta Lungkungan Sehat
Babinsa Bulusulur Menerima Tim Verivikasi Duta Lungkungan Sehat

Babinsa Bulusulur Menerima Tim Verivikasi Duta Lungkungan Sehat

Wonogiri, Senin 25 September 2017 pukul 09.30 s.d selesai bertempat di Balai Desa Bulusulur Wonogiri menerima tim  Verikasi Duta lingkungan sehat/ Sanitasi Total  Berbasis Masyarakat (STBM) dari propinsi Jawa Tengah.

Hadir dalam kegiatan tersebut : Forkompicam Wonogiri termasuk didalamnya Danramil 01/ Wonogiri kapten Inf Tono dan anggota Babinsa Desa Bulusulur Serma Rojid, Kepala Puskesmas, Bidan Desa Bulusulur, ketua PKK kec.  wonogiri, Perangkat Desa Bulusulur, Ketua RW se Desa Bulusulur, Kader PKK Desa Bulusulur dan Tokoh Masyarakat Desa Bulusulur.

Acara diawali sambutan camat Wonogiri drs Slamet Sudibyo menyampaikan, ucapan selamat datang kepada ketua Tim Verifikasi berserta rombongan, juga memberikan ucapan selamat dan terimasih kepada kepala Desa yang mana dess Bulusulur telah dinobatkan menjadi duta lingkungan bersih/STBM tingkat kabupaten wonogiri dan maju sampai tingkat provinsi.

Selanjutnya sambutan Kepala DKK kab.  wonogiri yang diwakili  Purwadi  menyampaikan bahwa, dalam waktu dekat kabupaten Wonogiri akan mendeklarasikan Desa bulusulur Bebas Buang Air Sembarangan dan loucing desa Bulusulur merupakan desa yang menerapkan 5 Pilar STBM plus diantaranya : Desa Bulusulur (Stop BAB Sembarangan,  Cuci Tangan pakai sabun, Pengelola air bersih,  Pengelola limbah keluarga, Pemberantasan sarang nyamuk dan Penanaman lumbung hidup).

Ketua Tim Verifikasi Winarno staf fungsional Dinkes Provinsi Jateng (seksi kesehatan dan kemasyarakatan) dalam sambutannya : Mengucapkan selamat kepada kepala Desa Bulusulur yang  sementara ini telah dinobatkan sebagai Duta lingkungan bersih dan maju tingkat provinsi.

Tahun 2017 dari 35 Kab/Kota hanya 11 yang siap mengikuti lomba Duta Lingkungan Bersih/STBN dan desa Bulusulur sampai dengan saat ini masih masuk nominasi 5 besar. 5 nominasi  besar diantaranya : Kab.  Wonogiri (Desa Bulusulur), Kab. Pemalang, Kab. Rembang, Kab. Wonosobo dan Kab. Banyumas.

Kami berharap apabila Desa bulusulur menang dan terpilih sebagai Duta Lingkungan Bersih/STBM tingkat Provinsi harus mampu dan dapat sebagai motor pengerak Desa desa lain sehingga Jawa Tengah umumnya lingkungan bersih/STBM.

Sambutan Kepala Desa Bulusulur menyampaikan, “Prosentase atau paparan tentang Lingkungan Bersih/STBM”

Kegiatan yang disampaikan kepada tim berupa : Testimoni dari ibu Sutarmi perwakilan Kader PKK Desa  Bulusulur nenjelaskan, tentang kegiatan yang dilaksanakan kepala desa dengan terpilihnya sebagai Duta Desa Lingkungan Bersih/STBM, bahwa kerja kepala desa Bulusulur adalah kerja nyata dan semua dapat dibuktikan melalui administrasi maupun kegiatan fisik.

Testimoni dari  Babinsa Desa Bulusulur Serma Rojid menyampaikan  tentang program kegiatan kepala desa berkaitan dengan kesehatan lingkungan dan Jambanisasi : Bahwa desa bulusulur bersama dengan aparat desa secara rutin 3 bulan sekali melaksanakan pemeriksaan jentik nyamuk ke rumah-rumah warga. tutur Serma Rojid

Pada bulan Juni s.d Juli 2017 babinsa koramil 01/Wonogiri turun ke lapangan bersama aparat desa mengecek dan mendata masyarakat bulusulur yang belum memiliki Jamban dan Babinsa ikut aktif dan terjun langsung menangani pembuatan Jamban dan pada akhir bulan Juli 2017 telah terselesaikan 40 unit jamban. tambah Serma Rojid.

Selanjutnya tim mengadakan Verifikasi ke lokasi : lumbung hidup di rumah ketua RT 04/VI dusun Kedungsono Kel. Bulusulur dan peninjauan Bank sampah di dusun  Kedungsono bulusulur serta meninjau Jamban serta Pompa air  di dusun Klemut RT 02/VII Kel. Bulusulur.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer