BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Cek Hama Padi
Babinsa Cek Hama Padi

Babinsa Cek Hama Padi

Babinsa Koramil 04/Garung dalam jajaran Kodim 0707/Wonosobo yang dipimpin Serma Sutrisno Melaksanakan  pengecekan hama padi untuk membantu Slamet, seorang petani di Desa Sendang Sari, Kecamatan Garung. Selasa(16/10).

Serma Sutrisno yang didampingi anggota Babinsa Koramil 04/Garung lainnya mulai turun ke sawah untuk memeriksa tanaman yang sudah mulai berbiji. “Jangan sampai ada hama yang menyerang tanaman, sehingga tidak mengurangi hasil panen nantinya”Ujarnya.

Para petani harus jeli dan telaten, jangan sampai produksi tanamannya menjadi lebih rendah dari tahun kemarin. Proses penggarapan sawah memang memakan waktu dan biaya yang lumayan banyak. Sama – sama banyaknya jika tidak dirawat, disamping tanaman berubah menjadi jelek hasil yang didapat juga akan turun. Hal ini menyebabkan hasil panen tidak seimbang dengan biaya pengolahan/penanaman.

Danramil 04/Garung Kapten Czi Sukriadi mengatakan bahwa bertani memang pekerjaan yang harus dilaksanakan secara rutin dan teratur, berbeda halnya dengan berkebun. Jika menanam di kebun seperti jagung dan padi jenis gogo setelah ditanam bisa di cek seminggu sekali. Saat tanaman sudah besar bisa bulanan tidak dilihat maka tidak ditemui masalah.

Sedangkan menanam di sawah seminggu saja tidak di rawat maka akan banyak gangguan yang dialami seperti kurangnya pasokan air,tumbuhnya hama, gulma dan lain – lain. Untuk itu agar terhindar dari gangguan – gangguan tersebut kami sarankan agar para petani rutin turun ke sawah. Agar hasil capaian panen bisa kita nikmati dan sisanya akan digunakan untuk biaya produksi musim tanam mendatang.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer