BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Dampingi Petani Cek Hama Walang Sangit
Babinsa Dampingi Petani Cek Hama Walang Sangit

Babinsa Dampingi Petani Cek Hama Walang Sangit

Dukun, Magelang- Babinsa Sumber Koramil 15 Dukun Kopda Ari Hermanto melaksanakan pendampingan pengecekan hama walang sangit yang mengganggu tanaman padi milik Bardi (53) warga Dusun Tutup Duwur Desa Sumber Kecamatan Dukun,selasa (23/8).

Walang sangit merupakan hama potensial yang pada saat tertentu dan merupakan salah satu hama padi yang harus ditanganidengan serius karena sangat merugikan para petani , dan dapat menyebabkan kerugian karena padi menjadi tidak berisi/gabuk. Populasi walang sangit apabila tidak cepat diatasi dapat menurunkan hasil sampai 25% .

Cara walang sangit merusak bulir padi adalah dengan menghisap butiran gabah yang sudah mulai berisi. Biasanya walang sangit merusak tanaman padi ketika mencapai fase berbunga sampai matang susu. menurut Sutrisno selaku PPL Desa Sumber Sampai sekarang belum ada varietas padi yang tahan terhadap hama walang sangit, “salah satu cara mengatasi hama walang sangit adalah dengan mengadakan penyemprotan denga pestisida” ujarnya.

Sementara itu Babinsa Sumber mengatakan untuk mengatasi serangan hama walang sangit para petani bisa dengan cara menanam padi secara serempak sehingga pemberantasannya tidak satu persatu, Selain kebersihan areal persawahan harus terjaga seperti pebersihan semak dan rumput disekitar areal persawahan demikian kata Babinsa Kopda Ari Hermanto.
Bardi selaku pemilik lahan mengucapkan banyak terima kasih kepada Babinsa maupun PPL yang selama ini sudah memberikan pendampingan pertanian semoga dengan diadakannya pendampingan ini hasil panen akan semakin meningkat dan kehidupan petani akan semakin sejahtera.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer