BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Dampingi Petani Tanam Padi Gunakan Transplanter
Babinsa Dampingi Petani Tanam Padi Gunakan Transplanter

Babinsa Dampingi Petani Tanam Padi Gunakan Transplanter

Cilacap – Babinsa Koramil 09/Kawunganten Sertu Sodirin beserta Serda Tusmanto bersama BP2KP Kecamatan Bantarsari melaksanakan pendampingan penanam padi menggunakan mesin transplanter di sawah milik Purwadi Kelompok Tani “Margi Raharjo” Dusun Kemantren Desa Kamulyan Kecamatan Bantarsari,Kamis (03/11).

Bagi masyarakat Desa Kamulyan,tanam padi menggunakan trasplanter termasuk barang baru jadi kesempatan ini sangat baik untuk memperkenalkan kepada para petani, sehingga kedepan harapanya semakin banyak petani yang menanam menggunakan transplanter.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Desa Kamulyan (Tupon) ,”kita harus siapkan dulu sumber daya manusianya (operator) diharapkan dengan operator yang sudah mahir makin banyak petani yang tertarik menggunakan transplanter. Kesempatan ini saya ucapkan terimakasih kepada Petugas Penyuluh Lapangan Pertanian (PPL) Bantarsari dan Babinsa atas masukan-masukannya, semoga kedepan pertanian di Desa Kamulyan semakin maju.

Untuk saya pribadi dalam musim tanam sekarang belum bisa menggunakan transplanter karena saya sudah terlanjur membuat benih untuk tanam secara manual,biar kita coba dulu pada Kelompok Tani “Margi Raharjo” sebagai pelopor, ” ujar Kades Kamulyan Tupon.

Camat Bantarsari Budi Narimo,S.Sos.MSi yang turut hadir saat menyaksikan proses penanaman menggunakan mesin transplanter menyampaikan, bahwa dengan semakin berkurangnya tenaga kerja disektor pertanian maka penggunaan mesin transplanter ini sangat di butuhkan.

Karena masih belum memasyarakat saja, sehingga belum banyak para petani yang menggunakan,tapi saya yakin 2 hingga 3 tahun kedepan mesin ini akan banyak digunakan oleh petani kita.

“Seperti halnya dulu pada saat ada mesin traktor diperkenalkan kepada petani banyak yang mencibir tetapi sekarang menjadi barang yang wajib bagi para petani untuk mengolah sawah. Padahal dengan moderninasi alat pertanian akan sangat membantu para petani dalam meningkatkan efisiensi kerja, mengurangi biaya produksi dan meningkatkan produksi pertanian,” ungkapnya’Camat Bantarsari Budi Narimo,S.Sos.MS .

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer