BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Dampingi Petani
Babinsa Dampingi Petani

Babinsa Dampingi Petani

Babinsa koramil 11/Tembarak beserta PPL Bapeluh distan kecamatan Tembarak melaksanakan pengamatan demlot tanaman padi  di lahan sawah milik bapak Sunarko (41) di dusun Kalibawang desa Wonokerso Jumat,(26/02).Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pendampingan upsus pajale swasembada pangan.

Faizin,S.pt selaku PPL pertanian yang membidangai tentang penanggulangan hama penyakit dan organisme pengganggu mengatakan dalam pengamatan kali ini masih ditemukan hama belalang dan jamur blas.Dengan gangguan tersebut diatas dapat menyebabkan hasil panen yang menurun jika tidak segera ditanggulangi.Untuk hama belalang dapat diatasi dengan penyemprotan pestisida, untuk jamur blas dapat diatasi dengan penyemprotan anti jamur dan pengasatan genangan air di lahan sawah.

“Khusus untuk jamur blas(pyricularia grisea) ini akan kurang berkembang jika suhu diatas 28 derajat celcius. Untuk itu petani jangan terlalu banyak genangan air di lahan sawahnya,”saran Faizin kepada petani di sela-sela pengamatan.

Khusen(51) selaku ketua poktan Tani Makmur desa Wonokerso mengucapkan terima kasih kepada tim pendamping dari PPL dan babinsa sehingga petani dapat lebih semangat lagi dalam mengolah padi karena permasalahan tanaman padi mereka ada yang membantu mengatasi sehingga diharapkan hasil panen nanti meningkat.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer