BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa dan Babinkamtibmas Memotivasi Kegiatan Siskampling kepada Warga di Kampung Ratmakan
Babinsa dan Babinkamtibmas Memotivasi Kegiatan Siskampling kepada Warga di Kampung Ratmakan

Babinsa dan Babinkamtibmas Memotivasi Kegiatan Siskampling kepada Warga di Kampung Ratmakan

Gondomanan, (12/11). Giat Ronda atau Siskampling merupakan kegiatan Rutinitas warga masyarakat untuk menciptakan suasana yang aman dan tentram bagi masyarakat, apapun alasannya dan seberapa repot kesibukan warga siskamling harus berjalan karena sudah menjadi komitmen bersama. Kita sadari bahwa kegiatan siskamling tidak selamanya dapat berjalan sesuai jadwal yang telah di atur karena terdapat beberapa vaktor diantaranya malas, jenuh, atau terkendala urusan keluarga yang tidak dapat di tinggalkan. Oleh karena itu  Pengurus RT/RW perlu memberikan motivasi dan inovasi agar kegiatan Ronda malam dapat berjalan dengan konsisten  tetapi tidak monoton sehingga fungsi dari kegiatan tersebut menjadi lebih optimal.

Babinsa Ngupasan Koramil 12/Gondomanan bersama Babinkamtibmas Polsek Gondomanan mencoba memberikan Motivasi kepada pos-pos Kampling diwilayah binaannya dengan melaksanakan Sambang Kampling di Pos Kampling Bokong Semar di kampung Ratmakan RT. 28/08 Kel Ngupasan, paling tidak bahwa kegiatan warga tersebut  memang diperhatikan dan dikontrol oleh aparat pemangku kewilayahan. Dikatakan oleh Babinsa bahwa Ronda merupakan kebutuhan bagi warga, rasa aman dan nyaman bagi warga yang sedang istirahat malam tergantung pada aktivitas siskamling. Disamping antisipasi terhadap tindak kejahatan seperti Pencurian ,Perampokan dan masalah kriminal lainnya. Ronda juga dapat berfungsi untuk memberikan informasi sedini mungkin terhadap bahaya bencana kebakaran, gempa bumi dan banjir lahar dingin kepada warga, mengingat  bahwa warga kampung Ratmakan berada didaerah bantaran Kali Code yang aliran airnya langsung dari lereng Gunung Merapi. Sarana dan Prasarana pokok Pos Ronda harus harus dilengkapi misalnya lampu senter, alat pemadam kebakaran, sirine atau lampu rotari, boleh juga dengan menambahkan sarana hiburan TV, papan Catur, Karambol atau apa saja yang penting tidak disalah gunakan sebagai tempat perjudian.

Babinsa menghimbau kepada kelompok Ronda dipos kampling Bokong Semar kampung Ratmakan yang saat itu sedang berjaga, semoga dengan kedatangan Babinsa dan Babinkamtibmas aktivitas siskamling dapat berjalan dengan Aman Tertib dan tetap semangat.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer