BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa dan PPL Dampingi Pok Tani Ngudi Makmur Tanam Padi Pakai Transplanter
Babinsa dan PPL Dampingi Pok Tani  Ngudi Makmur Tanam Padi Pakai Transplanter

Babinsa dan PPL Dampingi Pok Tani Ngudi Makmur Tanam Padi Pakai Transplanter

Tugas Pendampingan Babinsa bersama PPL merupakan bagian dari Upaya Khusus (Upsus) Program Ketahanan Pangan yang merupakan MoU Menteri Pertanian dengan Kepala Staf Angkatan Darat guna mempercepat terwujudnya swasembada pangan secara nasional.
Hal tersebut dapat terlaksana dan benar-benar mampu meningkatkan produksi pertanian di daerah serta melipatgandakan persediaan padi, jagung dan kedelai secara nasional.
Seperti halnya yang dilakukan oleh Babinsa Desa Patalan Serka Zaenuri bersama PPL Trias Suhartati dan Ir. Sapto Nugroho Putro yang melaksanakan pendampingan tanam padi di lahan milik  Sudaryanto anggota Pok Tani Makmur seluas 5000 meter.
Menurut Bpk Sudaryanto pendampingan yang dilakukan ini benar-benar memberikan manfaat bagi petani, utamanya secara teknis yang selama ini kita menganut tanam secara tradisional dengan adanya pendampingan Babinsa dan PPL yang lebih intensif ini kita didorong untuk mengolah sawah secara modern dengan peralatan mesin.
“Selama ini kita anti menggunakan mesin karena takut lahan kita tercemar dan lain-lain, namun dengan sosialisasi dan pengenalan yang detil akhirnya para petani tertarik apalagi dapat mempercepat tanam dan lebih efektif efisien dipembiayaan,” jelas bpk Sudaryanto.
Komandan Koramil 09/Jstis  Kapten Chb. Stepanus  memmbenarkan adanya kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa Jetis bersama PPL. “Hal tersebut memang sudah saya instruksikan kepada para Babinsa untuk selalu aktif turun di lapangan utamanya dalam pendampingan ini, sehingga program-program percepatan tanam, pengendalian hama dapat dilaksanakan dengan baik dan hasil pertaniannya lebih optimal,” tutur Danramil.
Komandan Koramil jetis Kapten Stepanus  menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Kordinator PPL Jetis beserta anggotanya  beserta Babinsa jajarannya yang telah melaksanakan pendampingan dengan baik.
Lebih lanjut Kapen Chb Stepanus menegaskan bahwa berbagai prestasi di bidang pendampingan pertanian yang telah kita raih secara nasional baik terkait luas tambah tanam (LTT) serta penyerapan gabah (Sergab) merupakan hasil karya para anggota jajarannya yang telah melakukan tugasnya dengan baik.
“Untuk itu jangan cepat berpuas diri, tingkatkan pengabdian kita dalam melaksanakan pembinaan teritorial maupun pendampingan pertanian, tungkatkan kerja sama antara Babinsa dan PPL kordinasikan setiap ada permasalahan kususnya pertanian.
Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer