BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa dan PPL Melaksanakan Panen Bersama Petani di Desa Cawitali Kec. Bumijawa
Babinsa dan PPL Melaksanakan Panen Bersama Petani di Desa Cawitali Kec. Bumijawa

Babinsa dan PPL Melaksanakan Panen Bersama Petani di Desa Cawitali Kec. Bumijawa

Senin (16/3) Babinsa Desa Cawitali Serma Mukharom dan PPL Sugeng S, SP melaksanakan panen bersama petani di Desa Cawitali milik Sutoyo Dukuh Lemah Abang luas panen setengah hektar dengan hasil gabah kering panen (GKP) sebanyak  3.003 Ton .

Dengan kebiasaan masyarakat tersebut hasil panen padi mayoritas hasilnya dibawa pulang karena untuk makan sehari hari, pak Sutanto  mengatakan bahwa baru kali ini panen didampingi oleh Babinsa dan PPL sehingga menambah semangat bapak Sutoyo untuk bertani.

Panen adalah pemungutan (pemetikan) hasil sawah atau ladang. Istilah ini paling umum dipakai dalam kegiatan bercocok tanam dan menandai berakhirnya kegiatan di lahan. Namun, istilah ini memiliki arti yang lebih luas, karena dapat dipakai pula dalam budi daya ikan atau berbagai jenis objek usaha tani lainnya, seperti jamur, udang, alga/gulma laut, dan hasil hutan (kayu maupun non-kayu).

Namun panen pada masa kini dapat dilakukan dengan mesin pemanen seperti combine harvester, tetapi dalam budi daya yang masih tradisional atau setengah trandisional orang masih menggunakan sabit atau bahkan ani-ani. Panen tanpa mesin merupakan salah satu pekerjaan dalam budi daya yang paling memakan banyak tenaga kerja. Kegiatan ini dapat langsung diikuti dengan proses pasca panen atau pengeringan terlebih dahulu.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer