BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa dan PPL Panen Bersama Petani di Desa Gebangsari Kec. Tambak
Babinsa dan PPL Panen Bersama Petani di Desa Gebangsari Kec. Tambak

Babinsa dan PPL Panen Bersama Petani di Desa Gebangsari Kec. Tambak

Senin (4/5) Babinsa Koramil 12/Tambak Serda Rofik bersama dengan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Masruah dan kelompok tani “Karya Tani” Desa Gebangsari, melaksanakan panen padi varitas ciherang bertempat di Desa Gebangsari Kec Tambak luas 3 ha dengan hasil Gabah Kering Panen (GKP) sebanyak 22,5 ton.

Dalam masa panen pada masa kini, masyarakat sudah banyak yang menggunakan mesin perontok padi, tetapi sebagian masih banyak juga yang masih tradisional atau setengah tradisional yaitu menggunakan sabit atau bahkanani-ani. Panen tanpa mesin merupakan salah satu pekerjaan dalam budi daya yang paling memakan banyak tenaga kerja. Kegiatan ini dapat langsung diikuti dengan proses pasca panen atau pengeringan terlebih dahulu.

Danramil  12/Tambak Kapten Inf Rosdiun menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh Babinsa bersama dengan petugas penyuluh lapangan, untuk mendukung program pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan. Untuk mencapai target swasembada pangan semua komponen masyarakat harus mendukung agar swasembada pangan bisa tercapai sesuai yang diharapkan oleh pemerintah.

Dalam kesempatan tersebut Babinsa bersama petugas penyuluh lapangan akan terjun langsung ke lapangan untuk memberikan pengawasan dan pengawalan dalam pendistribusian pupuk sehingga pupuk tepat sampai sasaran. Babinsa sebagai aparat komando kewilayahan dan juga mitra kerja petugas penyuluh lapangan akan selalu berkoordinasi dengan petani untuk meningkatkan produksifitas guna meningkatkan swasembada pangan.

Untuk  mendukung  program  pemerintah  Babinsa  bersama  Petugas Penyuluh Lapangan   (PPL), mengajak seluruh masyarakat agar bisa memanfaatkan lahan pekarangan di lingkungan masing  –  masing untuk menanam tanaman produktif sehingga bahan makanan bagi masyarakat akan terpenuhi dan kesejahteraan petani akan meningkat, dalam hal tersebut Babinsa harus bisa menjalin hubungan komunikasi dengan petani sehingga program pemerintah tentang swasembada pangan bisa terwujud.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer