BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Desa Slendro Silahturrahmi dengan Mitra Karib
Babinsa Desa Slendro Silahturrahmi dengan Mitra Karib

Babinsa Desa Slendro Silahturrahmi dengan Mitra Karib

Pada hari minggu tanggal 16 Oktober 2016 Serka SR Murdiyono Babinsa desa Slendro anggota Koramil 12/Gesi bersilaturohmi ke rumah Bapak Wakidi Dk Sugih Waras Rt 07 Desa Slendro Kec. Gesi sebagai mitra karibnya. Kebetulan keluarga Bapak Wakidi sedang mengadakan acara bancakan dengan sego gudangan, karena bertepatan dengan hari kelahiran salah satu keluarga tersebut. Rata – rata warga desa Slendro masih banyak melaksanakan adat jawa yang sudah turun temurun. Kegiatan tersebut mengundang beberapa tetangganya untuk memberkahi dalam bancakan itu.

Usai melaksanakan bancakan Babinsa mendapat penjelasan bahwa kepercayaan adat Jawa mengatakan “bancakan” – weton dilakukan pada malam hari weton atau hari kelahiran merupakan kombinasi hari penanggalan masehi dan hari penanggalan Jawa yaitu kalau masehi hari Minggu – Sabtu, sedangkan Jawa mengenal istilah “pasaran” yang terdiri dari: Pon, Wage, Kliwon, Legi, Pahing. Sehingga kalau digabungkan akan menjadi hari kelahiran misalnya Sabtu Wage maka pada hari Jumat Pon malam Sabtu Wage diadakan bancakan biasanya dilakukan setiap bulan Muharram.

Adapun maksud dan tujuan bancakan weton adalah untuk “ngopahi sing momong”, karena masyarakat Jawa percaya dan memahami jika setiap orang ada yang momong (pamomong) atau “pengasuh dan pembimbing” yang di namakan kakang kawah adi ari ari. Pamomong bertugas selalu membimbing dan mengarahkan agar seseorang tidak salah langkah, agar supaya lakune selalu bener, dan pas. Pamomong sebisanya selalu menjaga agar kita bisa terhindar dari mara bahaya.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer