BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Dorong Gerakan Penghijauan Untuk Ciptakan Katahanan Air
Babinsa Dorong Gerakan Penghijauan Untuk Ciptakan Katahanan Air

Babinsa Dorong Gerakan Penghijauan Untuk Ciptakan Katahanan Air

(Sleman) – Minggu (13/1/19). Dalam gerakan penghijauan di sekitar Embung Banjarharjo, Serda Ashari selaku Babinsa Desa Bimomartani anggota Koramil 07/Ngemplak Dim 0732/Slemam mengajak masyarakat Dsn. Banjarharjo Bimomartani untuk senantiasa menjaga kelestarian alam dengan tidak merusak tanaman yang berada disekitar Embung karena tanaman dan tumbuhan lainnya merupakan sumber simpanan air.

Kegiatan penghijauan ini dilakukan oleh Pemdes Bimomartani bekerjasama dengan LSM Pecinta Alam dibantu oleh masyarakat Dsn. Banjarharjo Bimomartani. Babinsa Bimomartani mempelopori gerakan penghijauan ini, jumlah pohon yang ditanam sebanyak 1000 pohon terdiri dari pohon ketapang, pohon mahoni, pohon sengon dan pohon akasia.

Gerakan penghijauan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 13 Januari 2019 di sekitar Embung Banjarharjo. Tempat ini dipilih sebagai langkah antisipasi untuk menyelamatkan sumber air. Dengan banyaknya pohon yang ditanam diharapkan cadangan air semakin banyak, sehingga nantinya embung tidak mengalami kekeringan.

Embung Banjarharjo ini mempunyai banyak manfaat, selain sebagai daerah hijau, pada hari Minggu sering juga dijadikan masyarakat sekitar untuk berolah raga bersama. Sedangkan airnya sebagai sumber irigasi pertanian di wilayah Dsn. Klewonan, Dsn. Koroulon dan Dsn. Kragilan. Pemdes Bimomartani dan Babinsa mengharapkan agar keberadaan Embung Banjarharjo ini bisa menyelamatkan sumber cadangan air sekaligus sebagai sumber kesejahteraan melalui bidang pertanian.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer