BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / BABINSA GIWANGAN KORAMIL 07/UMBULHARJO KOMSOS DENGAN PENGUMPUL SAMPAH PLASTIK .
BABINSA GIWANGAN KORAMIL 07/UMBULHARJO KOMSOS DENGAN PENGUMPUL SAMPAH PLASTIK .

BABINSA GIWANGAN KORAMIL 07/UMBULHARJO KOMSOS DENGAN PENGUMPUL SAMPAH PLASTIK .

Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya proses, baik dari hewan, manusia, maupun tumbuhan yang tidak terpakai lagi dan dilepaskan ke alam, dalam bentuk padat, cair, ataupun gas. Berdasarkan sifatnya sampah dibagi menjadi dua yaitu sampah organik/sampah yang mudah membusuk dan dapat diurai, seperti sisa makanan, sayuran, daun daun. Sampah non organik/sampah yang tidak mudah membusuk dan tidak dapat diurai seperti plastik, kertas, kaca, kaleng dan lain lain.

Dalam masyarakat sampah merupakan masalah yang sudah ada sejak lama dan masalah yang mendapatkan perhatian dari berbagai pihak. Masalah sampah terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya.Kurangnya tempat pembuangan sampah sementara sehingga banyak yang membuang sampah sembarangan dan membakar sampah yang mengakibatkan polusi udara dari asap yang ditimbulkan.Kurangnya tenaga kebersihan yang bertugas memungut sampah secara rutin sehingga mengakibatkan sampah menjadi menumpuk dan hal ini dapat menjadi sumber berbagai macam penyakit.

Babinsa Giwangan Koramil 08/Umbulharjo Kodim 0734/Yogyakarta dalam melaksanakan komsos kali ini melakukan anjang sana ke rumah bapak Jumarzal di pinngiran sungai Gajah Wong Rt.17/06 Ponggalan yang berprofesi sebagai pengumpul sampah sampah non organik seperti plastik,kertas dan yang lainnya. Setiap hari bapak Jumarzal keliling kampung untuk memilah sampah non organik yang akan dijual kepada pengepul.Secara tidak langsung apa yang dilakukan bapak Jumarzal dapat membantu dalam mengurangi sampah di lingkungan masyarakat,terutama sampah non organik yang tidak mudah membusuk.

Untuk masalah kebersihan lingkungan terutama masalah sampah TNI AD ikut berupaya dalam mengatasinya salah satunya dengan program Jum’at bersih. Bersama dengan masyarakat membersihkan lingkungan dan juga sampah. Sehingga diharapkan dg pengolahan sampah yang benar akan berdampak pada makin meningkatnya kesehatan masyarakat.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer