BERITA TERBARU
Home / Berita Satuan / Babinsa Ikuti Workshop Aplikasi Tajarwo
Babinsa Ikuti Workshop Aplikasi Tajarwo

Babinsa Ikuti Workshop Aplikasi Tajarwo

Bertempat di RM Bale Roso jln Prambanan – Piyungan abinsa Koramil 08/Kalasan, Babinsa Koramil 09/Prambanan, Babinsa Koramil 10/Berbah menghadiri Workshop Aplikasi Tajarwo untuk meningkatkan hasil produksi padi oleh BPPT Provinsi DIY, Kamis (3/12).

Sistem Tajarwo berasal dari kata Legowo menurut bahasa jawa berasal dari kata “Lego” yang berarti luas dan “dowo” yang berarti panjang. Menurut beberapa informasi dari berbagai sumber cara tanam ini pertama kali diperkenalkan oleh Bapak Legowo kepala dinas pertanian kabupaten Banjar Negara.

Pada prinsipnya sistem tanam jajar legowo adalah meningkatkan populasi dengan cara mengatur jarak tanam. Selain itu sistem tanam tersebut juga memanpulasi lokasi tanaman sehingga seolah-olah tanaman padi dibuat menjadi taping (tanaman pinggir) lebih banyak. Seperti kita ketahui tanaman padi yang berada dipinggir akan menghasilkan produksi lebih tinggi dan kualitas gabah yang lebih baik hal ini disebabkan karena tanaman tepi akan mendapatkan sinar matahari yang lebih banyak.

Workshop aplikasi Tajarwo tersebut dipimpin Bpk Ir Joko Winarno dan Bpk Sigit Widiarto dari Dispertan DIY serta Bpk Sardiman,Sp,Msi dari BPPT bpk sardiman juga membagikan macam2 buku pertanian Dalam giat yersebut juga dihadiri Dispertan  Kab Sleman, PPL ,UPT serta tamu undangan sekitar 40 orang.

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer